Guru Besar Universitas Islam Negeri Antasari KH A Hafiz Anshari saat mengisi tausiyah pada Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW  di Perintah Kabupaten Tanah Laut mengaku kagum dengan filosopi Kondang (topi khas Tanah Laut). 

"Saya kagum akan filosofi Kondang ini setelah mendengar cerita bupati. Bukan hanya sekedar bentuknya, salah satu inspirasinya hadir dari Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 103," ujar Hafiz Anshari dihadapan ASN lingkup Pemkab Tanah Laut, Kamis (17/2).

Menurut dia, makna ayat tersebut menunjukkan lambang persatuan dan kesatuan. 

Melalui ayat tersebut, jelas dia,  Allah SWT berpesan agar selalu berpegang teguh pada tali agama Allah serta jangan bercerai berai. 

"Realitas kehidupan masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang dianugerahi beragam agama maupun suku nyatanya mampu hidup berdampingan dan bersatu dalam membangun Tanah Laut. Semua itu tergambarkan pada Kondang dan kreatifitasnya lahir justru dari Al-Qur'an," ucapnya

Dia menuturkan, seandainya dalam segala aktivitas mampu berpikir sebagaimana pikiran dibalik lahirnya Kondang, maka bukan tidak mungkin  InsyaaAllah merupakan tindakan yang Qur'ani.

Peringatan Isra Mi'raj kali ini turut dihadiri unsur Forkopimda Tanah Laut, Kepala SKPD serta ASN lingkup Pemkab Tanah Laut. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022