Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan memberi bantuan untuk membuat peta jalan digitalisasi pendidikan program smart city atau kota pintar Kota Banjarmasin.

Direktur Poliban Kalsel Joniriadi dan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menandatangani kerjasama untuk pengembangan smart city Banjarmasin tersebut di Kantor Utama Poliban Kalsel di Banjarmasin, Selasa.

"Utamanya untuk kerjasama kita membuat peta jalan digitalisasi pendidikan di kota ini," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina usai menandatangani perjanjian tersebut.

Di masa pandemi COVID-19 ini, ucap Ibnu Sina, pembangunan smart city Kota Banjarmasin, ekosistemnya harus ditata dengan baik, di mana Poliban bisa membantu itu, hingga dijalin kerjasama.

"Kami yakin tenaga-tenaga handal di Poliban ini bisa membantu kita di bidang digitalisasi pendidikan ini, hingga pendidikan di daerah ini akan lebih baik lagi," papar Ibnu Sina.

Menurut dia, Poliban sudah banyak membantu bagi kemajuan program smart city Banjarmasin yang dirintis pembangunannya sejak 2017.

"Bahkan dari Poliban ini ada dua orang yang duduk di dewan smart city Banjarmasin," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Poliban Kalsel Joniriadi menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Banjarmasin yang terus percaya bermitra dengan kampusnya.

Dia pun memaparkan, mitra yang dengan kampusnya kali ini adalah program studi sistem informasi kota cerdas dengan Litbang Bappeda Kota Banjarmasin.

"Jadi salah satunya kami membantu pengembangan SDM, yakni, SDM guru-guru SD hingga SMP terkait bidang IT, ini ada kaitannya dengan digitalisasi pendidikan," ujarnya.

Tidak hanya itu saja, kata Joniriadi, tapi juga ada di bidang penelitian, di mana pihaknya akan membantu kajian-kajian peta jalan digitalisasi pendidikan.

"Kita petakan nantinya kondisi di lapangan, bagaimana jalannya untuk digitalisasi pendidikan di Kota Banjarmasin," tuturnya.

Pihaknya berkomitmen berupaya untuk membantu mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin untuk membangun program smart city ini agar lebih maju lagi.
Penandatanganan kerjasama antara Politeknik Negeri Banjarmasin dan Pemkot Banjarmasin, Selasa (15/2/2022). ANTARA/Sukarli

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022