Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Banjar gelar pelatihan pembuatan Kain Sasirangan untuk melahirkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah baru sehingga bisa membantu perekonomian keluarga.

Demikian diungkapkan Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas saat membuka pelatihan pembuatan Kain Sasirangan tahun 2022 yang diselenggarakan di Gedung Dekranasda Banjar, Selasa.

"Harapan kami, peserta pelatihan dapat menyerap ilmu pengetahuan mengenai seluk beluk pembuatan Kain Sasirangan sehingga akhirnya mampu mencapai tujuan pelatihan membantu ekonomi keluarga," ujarnya.

Ia mengatakan, penggabungan Dinas Koperasi dengan Disperindag bisa lebih spesifik lagi mengawal dan melahirkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) baru di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan, tujuan pelatihan adalah memberikan pengetahuan dan menambah wawasan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya IKM Sasirangan serta meningkatkan kemampuan SDM perajin.

"Kegiatan sejak Selasa (16/02) hingga Sabtu (20/2) dengan menerapkan prokes ketat. Pesertanya 10 orang dari Kecamatan Martapura 3, Martapura Timur 2, Astambul 2, Mataraman 1 dan Simpang Empat 2 orang," katanya. 

Dikatakan, nara sumber 2 orang yakni Syahrani dari Shedma Sasirangan dan Arbain dari Dhika Sasirangan dengan menandai dibukanya pelatihan berupa penyerahan peralatan pelatihan kepada perwakilan peserta. 




 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022