Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, gencar melakukan perekaman e-KTP tingkat pelajar .

"Hal ini terus kami lakukan untuk memudahkan warga atau pelajar khususnya tingkat sekolah menengah atas untuk memperoleh e-KTP," kata Plt Kepala Disdukcapil Gento Hariyadi melalui Kabid Dafduk Muhammad Hasan, di Batulicin Ahad.

Ia mengatakan, awal Februari ini, perekaman e-KTP dengan sasaran pelajar usia 16 dan 17 tahun ke atas dilaksanakan di SMAIT Plus Ar-Rasyid, Jalan Raya Batulicin KM 251 Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin. MA Darul Azhar, Jalan Batu Benawa, Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Dari dua sekolah tersebut ada 49 pelajar yang mengikuti perekaman e-KTP masing-masing pelajar berusia 16-17 tahun. Sedangkan yang berusia 17 tahun ke atas sebanyak 11 orang.

Layanan jemput bola di sekolah ini merupakan salah satu program unggulan Disdukpencapil Tanah Bumbu yakni "Dilan Amanah" atau Disdukcapil Melayani Perekaman Anak Sekolah.

"Akibat upaya tersebut menyebabkan, para pelajar lebih antusias untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-KTP," terangnya.

Menurutnya, ini sebagai langkah untuk mempercepat pendistribusian e-KTP kepada masyarakat. Namun harus diingat penerbitan e-KTP disesuaikan dengan umur yang sudah di tentukan

E-KTP yang dimiliki pelajar akan menjadi identitas kependudukan nya berlaku seumur hidup.

"Dengan adanya program ini Disdukcapil Tanah Bumbu tetap terlayani masyarakat secara umum untuk urusan kependudukan," pungkas Hasan.

 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022