Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan pelajar di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H dengan mengikuti pawai taaruf melintasi jalan di Kota Amuntai.


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid melepas pawai ta'aruf di depan Mesjid Raya At Taqwa Amuntai Jalan Norman Umar, Selasa.

Pawai ta'aruf juga diikuti puluhan abang becak yang menghiasi becaknya guna turut memeriahkan pawai ta'aruf digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten HSU.

"Selain menggelar pawai ta'aruf, pemda dengan PHBI juga melaksanakan Sholat Hajat dan Tabliq Akbar malam harinya, diharapkan Melalui Peringatan Tahun Baru Islam diharapkan membangun semangat ukhuwah Islamiyah dan menegakan syiar Islam," Ujar Bupati Abdul Wahid.

Wahid mengatakan hijrahnya Nabi Muhammad beserta Umat Islam di awal perjuangan dakwah Agama Islam bertujuan mempertahankan syiar Islam dari permusuhan Kaum Quraisy di Mekkah.

"Semangat hijrah yang menjadi tonggak perhitungan Tahun baru Islam ini kita lestarikan dan teladani melalui Peringatan 1 Muharram ini,"tandasnya.

Pergantian awal tahun hijriyah dimulai saat kumandang azan magrib diperdengarkan, wahid menghimbau syarakat membaca doa awal tahun sesudah sholat ashar dan magrib.

Para pelajar yang mengikuti pawat ta'aruf berangkat dari masing-masing sekolah dengan berjalan kaki dan berkumpul di Halaman Mesjid Raya At Taqwa Amuntai.

Selain di Amuntai, kemeriahan 1 Muharram juga terasa di Alabio Kecamatan Sungai Pandan dimana ribuan pelajar menggelar pawai ta'aruf yang dilaksanakan pengurus Nahdatul Ulama setempat.

Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Alabio Herwansyah Budi mengatakan sekitar tiga ribu pelajar dan santri mengikuti kegiatan pawai ta'aruf menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam.

"Sesuai tema peringatan, Peringatam Tahun Baru Islam diharapkan mampu memperkokoh persatuan Umat khususnya warga Nahdiyin dalam menegakan Ahlul Sunah Wal Jama'ah," katanya./Eddy Abdillah

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015