Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut  H Bambang Kusudarisman mengatakan, pembangunan desa pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia didalamnya. 

"Pembangunan desa bertujuan untuk kesejahteraan dan meningkatkan  kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,” kata H Bambang Kusudarisman membacakan sambutan Bupati Tanah Laut HM Sukamta, saat membuka acara pembentukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cabang Tanah Laut, di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Kamis (13/1).

Dia berharap,  APDESI Cabang Tanah Laut dapat berperan aktif mendorong anggotanya di 11 kecamatan dan 130 desa di Bumi Tuntung Pandang untuk membangun sinergitas sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa,  sehingga akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan efisien. 

Sementara, Ketua APDESI Cabang Tanah Laut terpilih Dwi Supriyanto berharap, APDESI bisa menjadi wadah komunikasi dan koordinasi para pemerintah desa dengan masyarakat untuk membangun hubungan dan kemitraan bersama, sehingga dapat meningkatkan kemajuan setiap desa.

“APDESI mempunyai visi terwujudnya pemerintah dan masyarakat desa yang maju, adil, sejahtera, profesional, dan demokratis,” kata Kepala Desa Alur, Kecamatan Jorong.

Selanjutnya kepengurusan dan anggota APDESI Cabang Tanah Laut dilakukan secara aklamasi.

Sekretaris I dijabat Kepala Desa Panggung Hidayat Noor, Sekretaris II  dijabat Kepala Desa Gunung Raja Samsiar dan Bendahara dijabat Kepala Desa Jorong Adad Imberadi. 

Kepala Bidang Organisasi  Keanggotaan dan Kaderisasi dijabat Kepala Desa Batu Mulya Masduki, Kepala Bidang Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga dijabat Kepala Desa Kurau Anang Kaderi, Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kajian Strategi dijabat Kepala Desa Bumi Jaya Mulyono.

Selanjutnya,  Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dijabat Kepala Desa Bajuin Ida Laila,  Kepala Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi dijabat Kepala Desa Damit Syaiful Ulum, Kepala Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia dijabat Kepala Desa Handil Suruk Khalikul Basir. 

Kemudian, Kepala Bidang Wirausaha dan Ekonomi Kreatif dijabat Kepala Desa Bukit Mulia Suparno, Kepala Bidang Budaya, Pariwisata dan Lingkungan Hidup dijabat Kepala Desa Panyipatan Muhammad Yusri dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi dijabat Kepala Desa Martadah Baru Slamet Prayitno.

Dalam waktu dekat APDESI Cabang Tanah Laut akan dilantik oleh APDESI Provinsi Kalimantan Selatan. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022