Pemerintah Kabupaten Tabalong terus menggenjot capaian vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Taufiqurrahman Hamdie saat ini capaian vaksinasi COVID-19 sebanyak 162.229 orang atau 78,17 persen dari target  sasaran 194.824 orang.

 "Rencana ada penambahan 27 ribu dengan sasaran vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 sampai 12 tahun," jelas Taufik di Tanjung, Kamis.

Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi percepatan capaian vaksinasi COVID-19 yang dihadiri para camat, danramil, kapolsek dan pejabat lingkup Pemkab Tabalong.

Dari 12 kecamatan tercatat tiga kecamatan yakni Tanta, Banua Lawas dan Kelua capaian vaksinasi COVID-19 kurang dari 70 persen.

Taufik menambahkan untuk capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia sekitar 56,1 persen atau 7.986 orang pada tahap pertama dan vaksinasi kedua 2.971 orang.

 Dalam rapat koordinasi Bupati Tabalong Anang Syakhfiani meminta para camat menyampaikan strategi dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 hingga di tingkat desa.

 "Perlu strategi khusus agar capaian vaksinasi tahap kedua bisa memenuhi target," ungkap Anang.

Sejumlah camat menyampaikan kendala berupa alasan kesehatan yang menyebabkan masih rendahnya capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

Seperti disampaikan Camat Muara Uya Abdul Wahid sekitar 20 persen para lansia batal divaksin karena alasan kesehatan.

"Kita juga turun ke tingkat desa termasuk di kawasan terpencil untuk mempercepat capaian vaksinasi," jelas Wahid.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022