Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri meresmikan dua Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce-Reuce-Recycle) bertempat di Desa Birayang Surapati, Selasa (28/12).

Dua tempat TPS-3R yang diresmikan yaitu TPS-3R Sumber Rezeki yang berada di desa Kayu Bawang Kecamatan Barabai dan TPS-3R Surapati yang berada di Desa Birayang Surapati Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri menyampaikan, atas nama Pemkab HST beserta masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR Dirjend Cipta Karya Satker Direktorat sanitasi atas terselenggaranya Program TPS 3R di dua desa tersebut.

"Semoga ke depannya TPS-3R ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya, dan diharapkan menjadi TPS-3R percontohan, sehingga memicu kreatifitas masyarakat desa lainnya untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan berwawasan lingkungan," harapnya.

Ia mengajak marilah teguhkan lagi semangat dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. "Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, demi kelangsungan hidup yang lebih baik bagi hari esuk," kata Wabup.

Selanjutnya Kepala Balai Wilayah Prov Kalsel yang diwakili Kepala Seksi Pelaksana Wilayah 2 BPPW Kalsel, Bartel menyampaikan, tujuan diselenggarakan Program TPS 3R adalah pertama meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan TPS
3R.

kedua Meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolaan sampah dan PHBS bagi masyarakat, ketiga Menyediakan prasarana dan sarana pengelolaan sampah yang berkualitas, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan untuk
meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan.

Sedangkan keempat yaitu mengurangi beban pengolahan sampah di TPA dengan mengurangi timbulan sampah di sumbernya dan kelima Meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat.

Peresmian dirangkaikan penandatanganan prasasti tempat pengolahan sampah TPS-3R Surapati dan TPS-3R Sumber Rezeki serta pemotongan pita.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021