Abdul Gafur (32) kini menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola Usaha Ponpes Miftahul Ulum di Desa Bangkiling Raya Kabupaten Tabalong.

Pria yang biasa disapa Ustadz Gafur ini dipercaya mengelola unit usaha madu kelulut dan budidaya patin hasil kerjasama Ponpes dengan Adaro melalui Program Adaro Santri Sejahtera dan Universitas Lambung Mangkurat.

Sejak 2019 ia bersama para santri mencoba mengembangkan unit usaha tersebut guna mewujudkan kemandirian pondok pesantren dengan difasilitasi para mahasiswa ULM maupun Adaro.

 Gafur sendiri pernah menimba ilmu selama 10 tahun di Pondok Pesantren Miftahul Ulum dan menjadi guru pembantu sejak 2005 di pesantren ini.

"Saya alumni Ponpes Miftahul Ulum jadi merasa terpanggil untuk mengabdi di sini," ungkapnya.

Sebelum menjadi guru pembantu di Pondok Pesantren Miftahul Ulum pria kelahiran Desa Bangkiling Raya 1 Maret 1989 ini pernah menggeluti usaha wedding organizer.

Sejak aktif di Badan Pengelola Usaha Pondol Pesantren Tim Apoy Wedding milik Ustadz Gafur kini dijalankan para karyawannya.

Di kalangan warga Desa Bangkiling Raya Gafur pun dikenal sebagai penata rias penganten dan keahliannya ini diperolehnya secara otodidak.

"Dulu memang sempat jadi penata rias penganten dan sekarang fokus mengabdi di pesantren," ungkapnya.

Tiga tahun bergabung di BPUP ia pun mempercayakan usaha wedding organizernya kepada anak buahnya.

 Baginya kejujuran dan kepercayaan yang ia bangun bersama anak buahnya sewaktu menjalankan Tim Apoy Wedding jadi bekalnya dalam menjalankan usaha madu kelulut maupun budidaya ikan  patin bersama para santri.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Kini unit usaha madu kelulut sudah menghasilkan dengan jumlah produksi tiga liter per bulan.

 Ia bersama para santri menerapkan ilmu dan wawasan saat mengikuti pelatihan yang diinisiasi Adaro dalam upaya pengembangan unit usaha budidaya madu kelulut.

 “Alhamdulillah kita pernah mengikuti pelatihan soal proses budidaya madu kelulut," ungkapnya.

Adaro bersama Universitas Lambung Mangkurat melalui Program Adaro Santri Sejahtera menerapkan skema Matching Fund dalam memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

 Dengan harapan Pondok pesantren sebagai tempat menempa para santri yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur, jujur, ulet dan disiplin juga bisa mencetak para  santri sebagai wirausahawan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021