Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) kembali melakukan safari parenting ke sejumlah Taman Kanak- kanak dan PAUD di Kabupaten Tabalong, Balangan, Banjar, Kota Banjarmasin dan Murung Raya dalam rangka menyebarkan benih karakter bagi anak usia dini.

Kegiatan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adaro bidang pendidikan melalui pilar Adaro Nyalakan Ilmu, program Adaro PAUD Berkarakter.

Melalui program ini Adaro memberikan pengetahuan bagi orangtua siswa betapa pentingnya menyikapi aktivitas anak agar dapat terbentuk moral yang bagus sedari dini.

Sebanyak 35 sekolah binaan yang mengadopsi metode Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) sudah dikunjungi dalam tiga bulan terakhir, melalui pendamping PAUD Adaro mesosialisasikan pentingnya penanaman karakter pada anak melalui orangtua siswa (Parenting).

 Edukasi bagi orang tua dilakukan agar mereka bisa selalu menebar emosi positif kepada anak sebagai dasar pembelajaran dan pembentukan karakter.

 Disamping itu orangtua siswa disarankan membangun kelekatan dan komunikasi positif dengan anak agar tercipta hubungan yang baik dan harmonis.

Koordinator bidang pendidikan YABN, Yuliawati menyampaikan kegiatan parenting ini merupakan salah satu langkah membentuk karakter anak yang bisa diterapkan orang tua murid.

Meski di sekolah sudah dilaksanakan tapi peran orangtua sebagai guru pertama juga penting dalam pembentukan karakter anak.

 “Kami memberikan tips kepada orang tua untuk memberikan respon positif kepada anak contohnya ucapan teguran yang baik ketika anak salah,” ungkap Yuliawati.

Marsiah salah satu orang tua yang mengikuti kegiatan mengaku senang dengan kegiatan parenting ini, menurutnya ia jadi tahu tenyata peran orang tua ini sangat diperlukan dalam membangun moral anak.

Dengan kegiatan ini ia jadi tahu anak tidak harus dipaksa untuk belajar dengan keras tapi hanya perlu dipahami dan dimotivasi agar tumbuh kecerian dalam dirinya dan anak pun mau belajar dengan hati gembiranya.

“Alhamdulillah sangat senang dengan kegiatan parenting ini, saja jadi tahu ketika anak lagi coret-coret dinding dia lagi mengembangkan kreatifitasnya jadi biarkan saja,” ungkap orangtua murid kelas A ini.

Lebih lanjut ia berharap kegiatan parenting ini selalu dilakukan di sekolah anaknya agar orang tua murid lebih paham cara menyikapi anak dengan baik dan menyenangkan.
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Di tempat yang sama, Kepala Sekolah TK Ihya Ulumudin Dina Mariana menyampaikan apresiasi atas kegiatan perenting yang diberikan YABN.

Menurutnya kegiatan ini sangat positif terlebih bagi orangtua murid yang kurang mengerti bagaimana mengarahkan anak dan menyikapi kelakuan anaknya .

 Lebih lanjut ia berharap kegiatan parenting ini dapat selalu dilaksanakan secara terus menerus agar dapat tertanam karakter baik bagi generasi penerus.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kegiatan parenting hari ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orangtua, mereka jadi sadar ternyata karakter itu sangat penting untuk ditanamkan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,” ungkap Dina

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021