Balangan Coal Companies melalui anak perusahaannya PT Laskar Semesta Alam dorong pengembangan budidaya ikan dan varietas tanaman buah lokal bagi masyarakat Desa Sungai Batung Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

Besarnya potensi alam yang dimiliki Desa Sungai Batung dalam ketersediaan sumber air dan lahan kebun memunculkan potensi pengembangan budidaya ikan dan perkebunan yang potensial untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Melihat potensi tersebut, Balangan Coal Companies melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada program Adaro Tani Sejahtera mendukungan pengembangan ekonomi dan lingkungan desa.

Mengusung konsep pengembangan desa Program Kampung Iklim (Proklim), Balangan Coal Companies memberikan dukungan 700 pohon tanaman buah yang terdiri dari tanaman jeruk, petai, jambu, ramania dan kelapa hibrida.

Sebagian besar tanaman dibagikan kepada masyarakat melalui pemerintah desa untuk ditanam di lingkungan sekitar rumah, sisanya ditanam di area danau konservasi dan area perkebunan karet.

 Selain tanaman, guna mendukung kecukupan gizi masyarakat terutama sumber protein Balangan Coal Companies turut mendukung budidaya ikan lokal melalui pengadaan bibit ikan untuk dikembangkan.

Sebanyak 45.000 bibit ikan dengan berbagai jenis seperti ikan papuyu, nila, patin, gurami, mas dan bawal turut dibagikan kepada masyarakat sekitar untuk ditebar pada kolam milik warga.

 Selain itu pemanfaatan danau konservasi melalui budidaya ikan juga turut dilakukan dengan menebar 15.000 bibit ikan yang diberikan.

Balangan Coal Companies berharap melalui pengembangan desa dengan konsep Proklim dapat tercipta desa yang tangguh, mandiri serta menjadi pelopor dalam penanggulangan perubahan iklim.

CSR Supervisor Balangan Coal Companies, Heriansyah Rusli mengatakan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap pengembangan desa sekaligus lingkungan agar selain terwujudnya ketahanan pangan masyarakat juga turut mendukung proklim.

“ Balangan Coal melalui program Adaro Nyalakan Sejahtera mendukung ketahanan pangan masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan terutama dalam membentuk desa yang sadar akan pengembangan lingkungan,” ungkap Heriansyah.

 Warga Desa Sungai Batung Rino Darmaji menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian serta dukungan perusahaan dalam pengembangan potensi desa. Ia menilai dukungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan Desa Sungai Batung.

“Mewakili masyarakat Desa Sungai Batung ulun mengucapkan terimakasih, semoga ini menjadi titik awal pengembangan desa menjadi desa yang mandiri dan sejahtera,” tutupnya.

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021