Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sekitar 500 personil melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Penanggulangan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan siap bergerak kapan saja menghadapi musibah kebakaran yang akhir-akhir ini sering terjadi.


Rilis Humas Pemkab Banjar diterima Antaranews Kalsel, Jumat, Peserta apel yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan Banjarbaru itu terdiri dari seluruh jajaran Korem 101/Antasari, POLDA Kalsel, Lanal Banjarmasin, Lanud Syamsudin Noor dan seluruh pemadam kebakaran se-Kalimantan Selatan.

Apel siaga dipimpin oleh Pj. Gubernur Kalsel Tarmizi Abdul Karim dihadiri  Sekda Banjar H. Nasrunsyah duduk di kursi tamu undangan.

Di sela – sela apel, Pj. Gubernur Kalsel bersama Komandan Korem 101/Antasari Kolonel (Inf) Muh. Abdu Ras melakukan pemeriksaan pasukan dan kendaraan yang digelar pada apel kali ini.

Danrem 101/Antasari mengatakan, secara keseluruhan di Wilayah Kodam Banjarmasin, kemudian Martapura, Kotabaru, itu jumlah kekuatan seluruhnya berjumlah 1800 orang ditambah dengan kekuatan transportasi baik berbentuk sarana angkut, maupun alat pemadam kebakaran atau tanki – tangki untuk cadangan penampungan air.

“Kekuatan ini perlu disinergikan. Perlu diberdayakan secara bersama – sama. Sehingga tugas – tugas itu dapat berjalan secara efektif,” jelasnya.
Kita tidak boleh bekerja dengan membuang banyak waktu, uang, pikiran dan tenaga, tapi target – target yang ada justru tidak tercapai.

Oleh sebab itu, lanjutnya, saya sampaikan kepada seluruh peserta apel, seluruh unsur pendukung, bahwa kegiatan ini akan kita sinergikan sehingga tugas penanggulangan bencana asap/kebakaran hutan dan lahan ini bisa secepat – cepatnya kita atasi dan kita selesaikan.

"Dengan terlaksananya apel ini kita berharap semua unsur – unsur yang ada TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran, dan seluruhnya yang ada disini, dalam posisi siap untuk sewaktu – waktu kita gerakkan, kita gunakan,” tegasnya.

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015