PT Tri Buana Mas(TBM), anak perusahaan Astra Agro Lestari melaksanakan acara Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Paminggir, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk bukti dari tanggung jawab sosial yang dilakukan PT TBM,  PT TBM mendistribusikan bantuan bibit ikan kepada warga masyarakat Desa Paminggir.

Asisten ACR, Esti Setyaningsih, mengatakan warga masyarakat Desa Paminggir yang menerima bantuan tergabung dalam kelompok nelayan, kelompok nelayan ini juga adalah warga yang berperan aktif serta peduli terhadap kebakaran lahan atau biasa disebut Masyarakat Peduli Api(MPA).  

"CSR bertujuan untuk membina hubungan baik dan menjaga harmonisasi, antara perusahaan dan Masyarakat sekitar, kegiatan CSR dikemas dalam empat pilar," katanya, dalam keterangan, Rabu (8/12) lalu.

Dijelaskan dia, empat pilar tersebut meliputi Astra Kreatif, Astra Cerdas, Astra Hijau, dan Astra Sehat. Pada kesempatan kali ini PT TBM melaksanakan program Astra Kreatif. Astra Kreatif memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan kegiatan perekonomian masyarakat, khususnya di Desa Paminggir.

Baca juga: Program Astra Kreatif PT Subur Agro Makmur bantu ekonomi masyarakat

Desa Paminggir merupakan desa yang warga masyarakatnya sebagian besar bermata pencaharian sebagai pencari ikan atau nelayan. Dengan pemberian bantuan bibit ikan diharapkan dapat membantu warga untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian warga.

"Kegiatan Astra Kreatif akan terus dijalankan, dan akan diikuti dengan program CSR lainnya,” katanya.

CDO PT TBM, Bambang, mengatakan sesuai pesan Administratur PT TBM Riki Agusrinaldy, bahwa perusahaan akan terus mendukung kegiatan perekonomian masyarakat desa sekitar, tanpa meninggalkan ciri khas dari desa setempat.

Seperti yang dilakukan sekarang ini, perusahaan memberikan bantuan bibit ikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan desa setempat, harapannya apa yang diberikan perusahaan dapat memberikan manfaat dan bisa terus dikembangkan sehingga bisa terus dinikmati manfaatnya.

Baca juga: CSR ekonomi PT PDL bantu Poktan Pulau Damar Banjang HSU

"Dan beliau juga meminta agar tetap di lakukan monitoring bagaimana perkembangan bibit ikan yang sudah diberikan, sampai dengan nanti pada tahap pemanenan, agar dapat menjadi evaluasi ke depan," katanya.

Tokoh Masyarakat yang juga ketua kelompok nelayan Desa Paminggir, Amang Udin, mengatakan Perusahaan PT TBM peduli terhadap warga desa sekitar, kegiatan pemberian bantuan bibit ikan  ini adalah salah satu bukti nyata bahwa PT TBM memang memperhatikan kondisi perekonomian Masyarakat.

"Saya mewakili warga Desa Paminggir menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas program CSR Astra Kreatif yang disalurkan kepada kami. Bantuan ini siap kami kembangkan, agar bisa dimanfaatkan secara terus menerus. Kita doakan juga untuk PT TBM agar senantiasa sukses, maju dan semakin berjaya," katanya.

Bantuan di serahkan langsung Esti Setyaningsih (Asisten CSR), dan Bambang Budiansyah (CDO), serta di terima langsung oleh Tokoh Masyarakat sekaligus Ketua Kelompok Tani Desa Paminggir, Samsudinoor (Amang Udin) dan Maskuni (Abah).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021