Meski terik mentari masih menyengat kulit, puluhan anak sudah terlihat mulai memenuhi stand PT Adaro Indonesia dalam Expo Pekan Raya Tabalong 2021.

Di tempat itu nampak anak-anak sudah tidak sabar lagi ingin mengikuti kegiatan literasi ceria yang diinisiasi Yayasan Adaro Bangun Negeri melalui karyawan dan mitra kerjanya, Jum’at (3/12).

 Pada kesempatan ini anak-anak yang mampir ke stand diajak belajar sambil bermain melalui kegiatan bernyanyi bersama.

“Supaya anak-anak gembira kami ajak mereka menyanyikan lagu di sini senang di sana senang dan kalau kau suka hati secara bersama-sama," ungkap Devi .

Tak hanya menyanyi , mereka juga melakukan kegiatan mendongeng sebagai bagian dalam perayaan Hari Dongeng Nasional.

Kali ini kegiatan mendongeng dilakukan dengan kertas yang dipola menyerupai binatang dan digerakkan seakan hidup dalam imajinasi anak.

Isi ceritannya pun menarik dengan mengusung judul “Pemimpin yang Baik”, melalui dongeng ini anak-anak antusias mengikuti jalannya cerita, harapannya kegiatan sederhana ini bisa memupuk semangat dan karakter anak, agar tumbuh menjadi pemimpin yang bermartabat.

Selain karena serunya pekan raya, anak-anak terlihat sangat rileks mengikuti kegiatan hal ini terjadi lantaran baru kali ini kegiatan literasi ceria bisa kembali mereka rasakan setelah dua tahun harus terjebak di rumah dan jauh dari anak-anak sebayanya.

 Terakhir kegiatan ramah anak ini ditutup dengan mengajak anak-anak berperan aktif membuat boneka panggung mini yang nantinya akan mereka gunakan untuk bercerita kembali di rumahnya.

Kegiatan ini disambut positif orang tua anak yang mendampingi anaknya dan juga para pengunjung stand PT Adaro Indonesia. Bagi mereka kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan edukasi bagi anaknya.

“Kegiatannya sangat positif dan bermanfaat bagi anak-anak, karena selama ini mereka ketergantungan gadget dengan adanya dongeng ini mereka bisa mendengarkan dongeng dan berkumpul bersama teman-teman, itu tentu sangat baik untuk perkembangan anak,” tegas Nina.

Tak hanya Nina, Yuli juga memberikan kesan sangat baik dengan kegiatan Literasi Ceria dari Adaro karena menurutnya kegiatan ini mampu mengasah kreatifitas anak terlebih mereka bisa terlibat langsung dalam kegiatan.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
 “ Kegiatan ini sangat bagus dan mendidik anak-anak menjadi kreatif serta gembira," ungkap Yuli Ia berharap kegiatan seperti ini bisa selalu diadakan agar anak-anak tetap bisa ceria dan gembira di tengah situasi pandemi.

Supervisor Adaro Nyalakan Ilmu, Citra Hapsari menyampaikan kegiatan ini bentuk komitmen Adaro dalam menebar dan menumbuhkan benih-benih cinta literasi pada anak, khususnya anak-anak yang berada disekitar wilayah operasional Adaro.

 “Di tahun 2020, kami melakukan survei ke beberapa orang tua dan hasilnya menyatakan kebutuhan literasi anak selama Belajar .
Dari Rumah (BDR) padahal layanan peminjaman perpustakaan YABN tutup, sehingga kami berinisiatif melakukan literasi online melalui Youtube Dangsanak Adaro," pungkas Citra.

Lebih lanjut ia mengaku senang karena hari ini perpustakaan YABN bisa menyapa masyarakat Tabalong secara langsung melalui kegiatan Literasi Ceria yang dilaksanakan secara hybrid di Pekan Raya Tabalong 2021 dan IG live Dangsanak Adaro.

 Menurutnya Adaro berharap bumi kita semakin pulih dari pandemi COVID-19 dan perpustakaan YABN dapat membuka layanan peminjaman buku kembali, baik di gedung perpustakaan, melalui perpustakaan keliling ataupun di kegiatan minggu ceria untuk membawa manfaat bagi masyarakat Tabalong dan sekitarnya.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021