Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bersama Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Yayasan Pondok Pesantren Darussalam, XL mengajak donasi untuk mengembangkan pendidikan santri melalui perangkat gadget.

Manager Management Service North Region Maidinoor menambahkan,“XL tidak hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi sosial donor darah, XL juga ingin mengajak masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar dan Banjarbaru untuk mendonasikan pulsanya melalui program SMS Donasi. Hasil donasi ini nantinya akan diberikan ke Yayasan Ponpes Darussalam untuk pengembangan pendidikan bagi santri Ponpes Darussalam Martapura."

Donasi pengembangan pendidikan santri Darussalam di tandai dengan kegiatan donor darah di ruang Poskestren Ponpes Darussalam, Kamis (10/9).  

Menurut GM Sales North 2 Kalimantan Eko Setiawan," Donor darah tidak hanya memberikan manfaat sosial bagi sesama juga banyak manfaat yang bisa didapatkan para pendonor, diantaranya bisa mengetahui golongan darah, memeriksa kesehatan seperti tekanan darah, hemoglobin, dan penyakit dalam, mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, serta jika dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki-laki sebesar 30 % (Bristish Journal Heart)."

Kegiatan donor darah ini wujud kepedulian terhadap sesama, karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain, dan diharapkan bisa menanamkan nilai sosial diantara para santri dan santriwati. Langkah ini juga akan membantu pihak PMI dalam menyediakan stok darah

Setiap peserta yang berminat mendonorkan darah dicek terlebih dahulu oleh para staff medis status kesehatannya antara lain tensi, HB, golongan darah, tidak sedang menderita penyakit tertentu, tidak sedang hamil, menyusui, ataupun datang bulan.

"Dengan terlibat dalam program SMS Donasi ini, masyarakat tidak hanya ikut serta dalam memajukan pendidikan melalui pembangunan perpustakaan, juga turut membagikan mimpi kebahagiaan dan semangat bagi para santri/santriwati," tambah Maidinor

Mekanisme untuk berdonasi sangat mudah, yaitu dengan cara mengirim SMS, Ketik Ponpes kirim ke 2500 untuk donasi Rp 2500 dan Ketik Ponpes kirim ke 5000 untuk donasi Rp 5.000. Pulsa akan terpotong sesuai donasi yang yang diinginkan oleh pelanggan. SMS ini donasi tidak  membebani biaya apapun alias gratis.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015