Batulicin, (Ataranews Kalsel) - Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengajak masyarakat untuk mendorong anak-anak mereka gemar mengonsumsi makanan yang berbahan dasar ikan laut.


"Anak-anak semuanya harus gemar makan ikan supaya tumbuh lebih sehat dan menjadi lebih cerdas," kata Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu Erwinda Mardani saat menyapa anak-anak usia dini dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) HIMPAUDI Ke-X, di Kecamatan Kusan Hilir, Selasa.

Ia mengatakan, upaya ini terus dilakukan untuk mengonsumsi ikan agar bisa memberikan dampak yang luar biasa terhadap tumbuh dan berkembangnya anak dalam keluarga.

HUT HIMPAUDI yang bertema Cinta Maritim Dan Aku Suka Makan Ikan tersebut adalah rangkaian peringatan HUT HIMPAUDI Nasional yang juga dilaksanakan seluruh daerah di Indonesia.

Peringatan HUT HIMPAUDI tersebut diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terdiri atas anak-anak yang masih berusia dini, guru, dan orang tua murid.

HUT HIMPAUDI dirangkai dengan aksi membakar ikan laut oleh masing-masing kelompok PAUD se-Kabupaten Tanah Bumbu dan pemberian piala terhadap kelompok PAUD yang mendapat nilai terbaik dalam aksi bakar ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan setempat H Rahmad mengatakan, sudah selayaknya masyarakat Tanah Bumbu banyak mengonsumsi ikan laut, yang mana wilayah ini merupakan penghasil sumber daya laut yang cukup melimpah,khususnya ikan laut.

Hasil tangkapan ikan laut mencapai 46 ribu ton per tahun yang jauh lebih besar dibanding kebutuhan ikan laut di masyarakat yang hanya sekitar 14 ribu ton per tahun.

"Artinya dalam hal ini Tanah Bumbu masih surplus dari hasil ikan laut bahkan tidak sedikit ikan laut kawasan ini yang dipasarkan hingga ke daerah lain," kata Rahmad.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015