Banjarmasin, (Antaranews Kalsel ) - Kepala Kanwil Kemanterian Agama Kalimantan Selatan HM Tambrin mengungkapkan, sesuai informasi petugas haji di Mekkah, calon jamaah haji (CJH) kloter pertama daerah ini yang sudah berada di pemondokan dilaporkan dalam keadaan sehat.


"Alhamdulillah, tidak ada laporan ada CJH kita yang sudah di Mekkah saat ini mengalami sakit, kita doakan agar mereka dijaga terus kesehatannya," ujarnya di Banjarmasin, Selasa.

Dia mengunkapkan, bahwa kloter pertama CJH Embarkasi Banjarmasin dengan jumlah 353 orang yang diberangkatkan pada 7 September lalu melalui Bandara Syamsuddin Noor sampai dengan selamat di Kota Mekkah, Arab Saudi, dan ditempatkan di pemondokan haji di wilayah Mahbaz Jin.

"Posisi pemondokan kloter pertama haji daerah kita itu sekitar 1,8 kilometer dari Masjidil Haram, mereka akan dilayani bus sholawat yang menjadi trasportasi gratis selama 24 jam melayani para CJH tanah air," tuturnya.

Dia mengakui, sejumlah CJH Kalsel yang sudah berangkat itu berisiko tinggi, yakni, lanjut usia, penyakit darah tinggi, dan gula darah tinggi. Hingga kondisi kesehatan mereka ini menjadi perhatian intensif para petugas kesehatan di sana.

"Kita juga sudah memberi pesan kepada CJH berisiko tinggi ini saat berada di sana agar selalu menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri dalam menunaikan ibadah, khususnya yang sunat," ungkapnya.

Menurut dia, saat ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di daerah sedang menyipakan untuk keberangkatan CJH kloter kedua, yakni, dari Kabupaten Tapi, Balangan, Barito Kuala, dan Banjarbaru.

"Sejak 7 September kemarin mereka masuk asrama haji, sesuai jadwal pada hari ini (8/9) akan diberangkatkan ke Jeddah sekitar pukul 19.30 Wita," ujarnya.

Semoga, papar Tambrin, perjalanan kloter kedua ini dilancarkan sebagaimana kloter pertama kemarin, yakni, tidak terganggu kabut asap yang parah.

"Dijadwalkan, kloter kedua ini akan sampai di Arab Saudi pada pukul 02.20 waktu sana, dan akan langsung ditempatkan di pemondokan wilayah Jarwal," ucapnya.

Menurut Tambrin, Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 12 kloter, delapan kloter asal Kalsel, tiga kloter asal Kalteng, dan satu kloter gabungan Kalsel-Kalteng, yang total CJH sekitar 4.130 orang.

"Kuota Kalsel 3.050 orang, kuota Kalteng 1.080 orang, yang mulai berangkat sejak 7-17 September," paparnya.

Sesuai jadwal pengundian kloter, kata dia, kloter ketiga dan keempat nantinya dari Kalteng masuk asrama haji pada 8-10 September diberangkatkan. Lalu kloter kelima CJH dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Batola, dan Kalteng, masuk asrama pada 10 September, berangkat 11 September.

Kloter keenam CJH Kalteng, masuk asrama 11 September berangkat 12 September, kloter ketujuh CJH Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarmasin, masuk asrama 12 September, berangkat 13 September.

Kloter kedelapan CJH Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Banjarbaru, kloter kesembilan dari Tabalong dan Banjarmasin yang bersamaan masuk asrama pada 13 September, berangkat 14 September.

Sementara, kloter kesepuluh CJH Kabupaten Banjar masuk asrama 14 September, berangkat 15 September, kloter kesebelas CJH Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Banjarmasin, masuk asrama15 September, berangkat16 September, dan trakhir kloter kedua belas Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin, dan Banjarbaru masuk asrama16 September, berangkat 17 September.

  "Perkiraan jadwal kepulangan jamaah haji daerah kita ini dan jamaah haji asal Kalteng sejak 15 Oktober hingga 25 Oktober nanti," ungkapnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015