Batulucin,  (Antaranews Kalsel) - Sebagian masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mencanangkan program satu hari tanpa nasi sebagai salah satu upaya untuk hindari ketergantungan terhadap bahan pangan beras.


"Jajaran Pemerintah Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, mencanangkan program "One Day No Rice" atau satu hari tanpa nasi," kata Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu Erwinda Mardani, di Batulicin Kamis.

Dikatakan, hampir 80 persen masyarakat Batulicin Irigasi telah sukses memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Program "One Day No Rice" akan menjadi bukti di masyarakat bahwa mereka akan tetap mampu meningkatkan gizi keluarga tanpa harus bergantung terhadap komoditi beras sebagai sumber makanan pokok.

"Kebutuhan beras dapat diganti dengan sumber karbohidrat yang lain seperti dari jenis ubi, ketela pohon, dan umbi-umbian lain dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang ada di sekitarnya," katanya.

Kantor Ketahanan Pangan Daerah Akhmad Fauzi melalui Kasi Konsumsi Keamanan dan Gizi Pangan Erna Kalsum mengatakan, program "One Day No Rice" merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah agar masyarakat lebih terbiasa mengkonsumsi panganan lokal sebagai pengganti beras.

Kondisi ini dapat lebih meningkatkan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat lokal Sehingga ketergantungan masyarakat dalam mengkonsumsi beras atau nasi tiga kali sehari dapat diminimalisir dengan cara mengganti makanan yang mengandung karbohidrat dari jenis tanaman lain.

"Makan nasi tiga kali sehari sudah menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya melalui program "One Day No Rice" setidaknya pemerintah berupaya memberi pemahaman penting kepada masyarakat luas tentang manfaat sumber karbohidrat lain yang bisa menggantikan beras," katanya.

Selain itu program "One Day No Rice" untuk lebih menghidupkan sistem perekonomian khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perdesaan.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015