Amuntai,  (Antaranews Kalsel) -  Jemaah Calon Haji Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan harus bersiap berangkat menuju Asrama Haji Banjarbaru pada tengah malam.

 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Fathillah Hanafi di Amuntai Selasa mengatakan Jama'ah Calon Haji (JCH) Kabupaten HSU harus masuk Asrama Haji Banjarbaru pada  Selasa 15 September  pukul 08.00 wita.

"Kita sudah mengajukan permohonan ke Kanwil Kemenag Kalsel agar pemberangkatan Jama'ah Calon Haji dimajukan tanggal 14 September namun tidak bisa karena berbenturan dengan jadwal masuk Asrama jema'ah haji daerah lain," Ujar Fathillah.

Fathillah mengatakan daya tampung Asrama Haji tidak memungkinkan bagi menampung JCH HSU jika jadwal keberangkatan masuk asrama haji dimajukan.

Ia menuturkan karena jarak tempuh Kota Amuntai menuju Asrama Haji di Banjarbaru sekitar tiga jam maka JCH harus dilepas keberangkatannya dini hari dan persiapan berangkat sejak tengah malam.

Penyusun Dokumen Haji Rollyani menambahkan, sebanyak 305 orang calon haji HSU berangkat dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Rabu 16 September pukul 05.25 wita bergabung dengan 45 calon haji Kotamadya Banjarmasin pada kloter BDJ 11.

"Kepulangan JCH HSU dari Arab Saudi dijadwalkan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada  25 Oktober pukul 07.55 wita" terang Rolly

Semula jumlah JCH HSU, kata Rolly  sebanyak 306 orang, namun satu orang dibatalkan visa karena tidak cukup usia.

Sebanyak 305 JCH HSU didampingi sebanyak dua petugas tim pemandu haji (TPHD) satu dokter dan dua tenaga medis.

Calon haji HSU yang paling tua atas nama Siti Syariah 83 tahun Alamat Jalan Negara Dipa Sungai Malang dan termuda atas nama Fauzi Rahman Ripandi 20 tahun alamat Sungai Sandung Alabio.

JCH HSU akan ditempatkan di Maktab Syisyah di Mekkah dirumah nomor 617 berkapasitas 361 kamar. Jarak Maktab Syisyah dengan lokasi Mesjid Haram sekitar 4 kilometer.

Rolly menuturkan, jumlah daftar tunggu haji di Kabupaten HSU pada 2015  tersisa sebanyak 6573 orang,

"Terlama waktu tunggu keberangkatan haji di Kabupaten HSU selama 25 tahun," pungkasnya./Eddy Abdillah   

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015