Amuntai,  (Antaranews Kalsel)  - Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan meraih Juara II kearsipan tingkat nasional.

 

Piagam penghargaan kearsipan diterima Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari Kepala Badan Kearsipan Nasional pada malam anugerah kearsipan di Istana Negara 17 Agustus kemaren.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpustarda) Kabupaten HSU Rusmanudin di Amuntai Selasa mengatakan penghargaan diperoleh berkat perhatian dan dukungan Bupati dan DPRD dalam peningkatan kearsipan.

"Berbagai keputusan bupati dan rancangan peraturan daerah telah dibuat dalam rangka meningatkan kualitas kearsipan sehingga kita berhasil meraih juara II  ditingkat nasional," Ujar Rusmanuddin.

Rusmanuddin mengatakan pada 2013 Kantor Perpustarda sudah pernah  meraih Juara Harapan I Lomba kearsipan. Prestasi tersebut bisa ditingkatkan dengan meraih Juara II lomba kearsipan 2015.

Ia menuturkan, berbagai kemajuan dibidang kearsipan ditandai dengan pembuatan buku citra Hulu Sungai Utara dalam Arsip, kebijakan bupati nomor 8 tahun 2014 tentang pengelolaan arsip statis, Keputusan Bupati nomor 118.45/26/KUM/2015 tentang pembentukan panitia pelaksana akusisi arsip.

Selain itu, lanjutnya diterbitkan Surat Keputusan Bupati Nomor 191/26/KUM/2015 tentang panitia penyelamatan arsip dan dokumen penting, strategis dan bernilai.

"Kita juga menerbitkan keputusan kepala kantor Perpustarda tentang pemberian tunjangan bagi pengelola arsip in aktif dan arsip statis yang didaerah lain belum ada pemberian tunjangan semacam ini," Kata Rusmanuddin.

Selain itu, lanjutnya telah diajukan Raperda kearsipan yang tengah digodok dewan diantaranya bertujuan meningkatkan sumber daya dan peningkatan sarana prasarana kearsipan serta  memuat sistem kearsipan berbasis teknologi informasi.

"Kita juga sudah menyusun draf intruksi bupati HSU pelaksana tertib kearsipan dilingkungan Pemerintah Daerah HSU.

Rusmanuddin mengatakan, bercermin dari hasil penilaian lomba kearsipan tingkat nasional dalam rangka lebih meningkatkan kearsipan,  Kantor Perpustarda HSU berencana melaksanakan lomba kearsipan tingkat kabupaten yang diikuti semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Kita juga perlu menelusuri arisp-arsip lainnya yang ada didaerah agar bisa disimpan di depo arsip," pungkasnya./Eddy Abdillah

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015