Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, HM Tambrin menyatakan, tinggal 14 calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Banjarmasin yang belum beres dokumen visa perjalanan haji hingga kini.

"Jadi mayoritas visa CJH daerah kita sudah beres, tinggal sedikit yang dipastikan akan menyusul," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, tidak menjadi masalah terkait adanya keterlambatan sebanyak 14 visa CJH itu, sebab yang bersangkutan masuk kloter terakhir.

"Jadi waktunya masih panjang, kita harap semuanya tidak ada masalah lagi," tuturnya.

Terkait paspor, Tambrin menyatakan, sudah beres semuanya, dan kini sudah dikantongi Kanwil Kemenag Kalsel.

"Surat menyurat bagi keberangkatan jemaah haji daerah kita ke Tanah Suci dirasa semuanya sudah beres, tinggal sedikit saja lagi mengenai visa tadi dari 3.050 calon haji," tuturnya.

Menurut dia, CJH keberangkatan dari Embarkasi Banjarmasin akan mulai terbang pada 7 September 2015, dan khusus daerah ini ada sebanyak delapan kelompok terbang (kloter) dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pasalnya, kata Tambrin, CJH asal Kalteng akan berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 1.080 orang yang terbagi di tiga kloter penuh dan setengahnya bergabung Kalsel.

Diungkapkannya kembali, sebagai mana qur`ah atau pengundian, kloter pertama CJH asal Kota Banjarmasin, kloter kedua gabungan dari Kabupaten Tapin, Balangan, Barito Kuala, dan Banjarbaru. Kloter ketiga dan kloter keempat dari Kalimantan Tengah. Kloter kelima dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Batola, dan Kalteng.

Selanjutnya, kloter keenam dari Kalteng, kloter ketujuh dari Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarmasin. Kloter kedelapan dari Kotabaru,.

Kemudian Tanah Bumbu, dan Banjarbaru, kloter kesembilan dari Tabalong dan Banjarmasin. Kloter kesepuluh full dari Kabupaten Banjar, kloter kesebelas dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Banjarmasin, dan kloter kedua belas dari Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin.

"Kita minta bagi CJH terus menjaga kesehatan baik rohani dan jasmani menjelang keberangkatan ini, sehingga nantinya dapat masalah saat beribadah di tanah suci, dan pulang dengan haji mabrur," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015