Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan, menetapkan nomor urut bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) setempat, pada untuk Pilkada 2015 .


Dalam gelar pengundian yang dilakukan di kantor KPU Kalsel, Rabu, H Zairullah Azhar dan H M Safi`i mendapatkan nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Rudy Resnawan mendapatkan nomor urut 2, dan H Muhidin dan H Gusti Farid Hasan Aman mendapatkan nomor urut 3.

Jalannya prosesi pengundian daftar nomor urut Bacagub dan Bacawagub ini terlihat cukup dinamis antara sesama calon saat maju kedepan melakukan pencabutan undian, bahkan diantara mereka saling canda.

Yang mendapat kesempatan pertama mencabut undian nomor adalah pasangan H Zairullah Azhar dan HM Safi`i yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat (PD), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Yang kedua pasangan H Muhidin dan H Gusti Farid Hasan Aman yang maju lewat jalur independen, dan yang ketiga pasangan H Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Terkait nomor urut ini, masing-masing pasangan Bacagub dan Bacawagub menyampaikan makna yang baik sesuai nomor urut yang mereka dapatkan sebagaimana Zairullah Azhar dan M Safi`i yang menyatakan nomor urut satu adalah nomor berkah sebagai pemenang.

Sementara itu, Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan memaknai nomor dua yang mereka dapatkan adalah sebagaimana nomor cantik yang sudah diprediksi akan memenangkan Pilkada priode 2015-2020.

H Muhidin dan H Gusti Farid Hasan Aman juga tidak ingin kalah, menurut H Muhidin nomor urut 3 adalah nomor besar yang maknanya akan diikuti masa yang besar bahkan nomor ini sebagai keberuntungannya saat memenangkan kursi wali kota Banjarmasin pada priode 2010-2015 lalu.

Ketua KPU provinsi Kalsel Samahuddin Muharram menyatakan, sesuai aturan, pihak pasangan calon tidak boleh melangsungkan kampanye langsung mensosialisasikan nomor urut yang mereka dapatkan ini.

Sebab, ungkap dia, gelar kampnye baru dimulai pada 27 Agustus nanti, yakni, kampnye damai yang bersama diikuti semua calon di Mahligai Pancasila.

"Jadi kita minta, semuanya agar menertibkan sendiri atribut kampnye atau sosialisasi diri, sebab kalau tidak akan ditertibkan secara paksa," tuturnya.

  Menurut dia, semua atribut kampanye bagi para Bacagub dan Bacawagub nantinya hanya akan diadakan KPU.*   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015