Sebanyak 10 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupatennya Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan nilai (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) SAKIP terbaik.

Dari hasil evaluasi dari KemenpanRB, sepuluh OPD tersebut adalah Bapelitbangda dengan nilai A, Dinas Ketahanan Pangan (A), Sekretariat Daerah (A), Dinas Perpustakaan (A), Dinas Kesehatan (A), Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja (A), Dinas Pendidikan (A), Dinas Pertanian (BB), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BB) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (BB).

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi usai menyerahkan penghargaan itu berharap, penghargaan tersebut  menjadi pemicu spirit dalam melaksanakan tugas yang berkualitas dan dapat mendorong pencapaian target visi misi Kabupaten HST.

"Kegiatan ini merupakan bentuk reward atas capaian kinerja yang diperoleh melalui hasil evaluasi AKIP perangkat daerah," katanya.

Menurutnya, dari hasil LHE AKIP khusus untuk setiap Perangkat Daerah, saat ini telah mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari banyaknya Perangkat Daerah yang mendapatkan predikat A dan BB, meskipun masih ada beberapa yang mendapatkan CC.

"Selamat kepada Perangkat Daerah yang memperoleh nilai terbaik, semoga pencapaian ini dapat terus ditingkatkan,"ucapnya

Lebih lanjut, Bupati HST menjelaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian PAN dan RB atas penerapan SAKIP, nilai AKIP Pemkab HST memgalami peningkatan.

Pada tahun 2020, HST hanya mendapat nilai 66,17, meningkat dibandingkan nilai pada tahun 2019 yaitu 63,91.

Kenaikan ini menempatkan Kabupaten kita berada diurutan 8 dari 13 Kab/Kota, dimana sebelumnya diurutan ke-12. "Hasil ini diraih dengan peran dan komitmen kita semua serta sinergitas seluruh Perangkat Daerah," kata Bupati.

"Atas pencapaian ini, saya sampaikan apresiasi yang sebesar-sebesarnya kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efesien," tandas Bupati.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021