Tanjung, (Antaranews, Kalsel) -   PT Adaro Indonesia bersama mitra kerjanya akan menggalang aksi bersih-bersih serta perbaikan gedung "Islamic Center" Tabalong di kawasan Tanjung Baru, Kecamatan Murung Pudak, Kalimantan Selatan, sebagai sarana publik serta kebanggaan masyarakat setempat.
    

Kepala teknik Tambang PT Adaro Indonesia Iswan Sujarwo di Tanjung, Jumat mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut akan dilaksanakan oleh seluruh karyawan PT Adaro, Sabtu (15/8).
    

Menurut dia, Islamic Center Tabalong bukan semata sarana spritual bagi umat Islam namun sarana publik dan kebanggaan masyarakat, karena itu melalui kegiatan aksi bersih-bersih (Clean Up) sebagai wujud memakmurkan fasilitas ini.
    

"Didorong rasa memiliki, aksi peduli berupa clean up ini akan dilaksanakan Sabtu pagi di Kompleks "Islamic Center" dengan melibatkan keluarga dan karyawan Adaro," jelas Iswan.
    

Aksi bersih-bersih ini merupakan yang kedua kalinya digelar PT Adaro Indonesia dengan melibatkan sekitar 1.500 warga, dan kegiatan ini sekaligus perbaikan sejumlah fasilitas di Komplek Islamic Center yang tak terawat.
    

Iswan berharap ada pihak yang bisa mendermakan hartanya demi perbaikan fasilitas yang ada di Islamic Center mengingat sarana spritual yang diresmikan 2013 ini menjadi milik bersama karena itu semua biayaperawatannya perlu digalang bersama.
    

"Islamic Center adalah milik kita semua sebagai warga Tabalong, karena itu biaya pemakmurannya perludi galang bersama tidak lagi dari perusahaan secara kelembagaan," ungkap Iswan.
    

Sarana ini memang dibangun oleh Adaro kemudian dihibahkan kepada pemerintah daerah untuk umat maka eksistensi Islamic Center  ke depan ada di tangan umat, jelas Iswan lagi.

    

Dalam aksi bersih-bersih ini selain melibatkan 1500 masyarakat juga dari berbagai stakeholders, dari karyawan perusahaan dan keluarganya, pemerintah daerah, TNI/Polri, Lembaga Swadaya Masyarakat, pelajar, Yayasan Adaro Bangun Negeri dan lainnya.
    

Hal senada juga diungkapkan Kepala Divisi Eksternal PT Adaro Indonensia Rizki Dartaman, kalau kemakmuranIslamic Center menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk upaya membangun kesadaran moral, bahwa "Islamic Center" adalah aset daerah.   
    

"Mari kita bersama-sama memakmurkan Islamic Center karena kalau bukan kita yang peduli lantas siapa lagi?  Mari kita sama-sama memakmurkannya dengan menghadiri clean up pada tanggal 15 Agustus 2015. Ajak saudara kita yang lainnya," ujar Rizki.
    

Terpisah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan akan ikut terlibat dalam kegiatan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan keluarga besar PT Adaro Indonesia bersama masyarakat.
    

"Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan Tanjung Bersih, Hijau dan Tertib yang akan dicanangkan September dan karena pihak Adaro melaksanakan pada Agustus jadi kita tetap mendukungnya dan turut terlibatdalam aksi bersih-bersih Islamic Center," jelas Anang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015