Manado, (Antaranews Kalsel) - Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kacung Marijan mengatakan kebudayaan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di Indonesia.


"Kebudayaan yang lahir dan berkembang pada masyarakat Indonesia jika dijaga dan dikembangkan dengan baik, akan mampu meningkatkan wisman di negara kita," kata Kacung di Semarang, Minggu.

Kacung mengatakan selain secara keseluruhan di Indonesia yang memiliki sekian ribu pulau, menyimpan kebudayaan yang sangat beragam.

"Sehingga, kebudayaan masing-masing daerah harus dijaga dengan baik karena nilai sejarah dan budaya tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan besar bagi daerah khususnya dari sisi wisman," jelasnya.

Wisman yang datang ke daerah kita akan memberikan sumbangan devisa yang cukup besar.

Dia mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan dan menjaga aset budaya bangsa agar tidak hilang dan terkikis oleh perkembangan zaman.

"Kami akan memfasilitasi semua aktivitas budaya serta menjaga peninggalan sejarah yang menjadi kebanggaan kebudayaan bangsa," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar pemerintah daerah juga harus bersinergitas dengan pusat sehingga pengembangan budaya bisa dijaga dan dilestarikan secara bersama- sama./e

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015