Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan melalui Musyawarah Cabang (Muscab) gerakan pramuka kwartir cabang Balangan para pengurus didorong agar lebih berinovasi.

"Selain mendorong para pengurus lebih berinovasi, kami juga mendorong mereka agar dapat menciptakan terobosan-terobosan untuk kegiatan ke depan yang lebih baik lagi," kata Abdul Hadi usai membuka Muscab gerakan pramuka Kwarcab Balangan di Paringin, Selasa.

Dia melanjutkan, kegiatan tersebut juga sekaligus merefleksi kepengurusan selama ini dan juga menyelaraskan dengan program pemerintah. Karena pramuka ini tujuannya adalah, menggali potensi pemuda-pemuda khususnya di Bumi Sanggam secara maksimal baik dari segi intelektual, sosial dan hal lainnya.

Ia juga mengucapkan selamat atas terlaksananya musyawarah cabang yang diselenggarakan oleh pramuka kwartir cabang Balangan.

"Mudahan-mudahan gerakan pramuka di Kabupaten Balangan lebih meningkat, serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa agar lebih baik bertanggung jawab dan dapat ikut serta dalam pembangunan daerah dan negara," pungkasnya.

Ketua Pelaksana kegiatan Encu Suharya, menjelaskan bahwa gerakan pramuka adalah wadah untuk mendisik dan membina generasi muda, agar mereka menjadi bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh.

"Juga sehat dan kuat jasmani, rukun serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Maka dari itu untuk menyelenggarakan misinya, gerakan pramuka memerlukan bimbingan, dukungan dan bantuan baik dari Pemda maupun masyarakat," kata Encu.

Selain itu ujarnya, yang perlu diperhatikan adalah yang menjadi pokok dalam Muscab gerakan pramuka kwartir cabang Balangan ini, tidak hanya memilih ketua dan pengurus saja, tetapi bagaimana menyususun rencana kerja selama lima tahun ke depan, yang dapat sejalan dan seiring dengan program dan visi-misi kepala daerah.

Diketahui, hasil dari Muscab kwartir cabang Balangan tersebut telah ditetapkan secara aklamasi, bahwa yang menjadi Ketua Kwartircab Balangan adalah Sri Huriyati Hadi yang juga merupakan Ketua TP PKK Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021