Medan, (Antaranews Kalsel) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi secara resmi membuka kejuaraan bola basket putri Asia U-16 di Medan, Sumatera Utara, 2-9 Agustus 2015.


Pada pembukaan yang digelar di GOR Angkasa Medan, Minggu malam, Menpora mengaku pihaknya memberikan apresiasi kepada FIBA yang telah mempercayakan Indonesia dalam hal ini Kota Medan menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan terus memberikan dukungan sehingga kejuaraan yang digelar 2-9 Agustus 2015  tersebut sukses dan tentunya menjadi hiburan tersendiri bagi pecinta olahraga basket di Kota Medan.

"Kita kedatangan tamu terhormat dari seluruh Asia dan sebagai tuan rumah kita wajib menyambut mereka.

Atas nama pemerintah kami menyambut baik kejuaraan ini," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Perbasi yang secara nyata terus meningkatkan pembinaan kepada atlet, sehingga dewasa ini basket Indonesia terus mengalami kemajuan yang cukup baik.

Misalnya pada SEA Games yang lalu, Indonesia atlet bakset Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang cukup. Aik yakni dengan membawa pulang medali perak.

"Semoga pada kejuaraan kali ini, Indonesia dapat meraih emas seperti yang kita harapkan meski tentunya itu harus dicapai dengan kerja keras," katanya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan jika kedepan Indonesia, khususnya Kota Medan kembali dipercaya menggelar kejuaraan tingkat internasional, tentunya harus lebih baik lagi dar  yang kali ini digelar, terutama gedung pertandingan.

"Kalau kedepan kita kembali dipercaya sebagai tuan rumah oleh FIBA. maka kita harus mencari tempat yang lebih nyaman dan lebih luas lagi," katanya.

Sementara Presiden FIBA Asia Sheikh Saud Ali Al Thani mengatakan pemasket yang ikut dalam pertandingan ini adalah yang terbaik dari negaranya, karena tentunya mereka terpilih mewakili negaranya melalui seleksi yang ketat.

"Kepada Indonesia kami ucapkan terimakasih karena bersedia menjadi tuan rumah dan dapat menyelenggaran kejuaraan ini dengan baik," katanya.

Kejuaraan Bola Basket Putri Asia U-16  yang digelar di GOR Angkas Medan, 2-9 Agustus 2015 diikuti 12 negara.

Ke-12 negara tersebut yakni Tiongkok, Hongkong, India, Jepang, Kazakstan,Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Cina Taipei,Thailand, Uzbekistan, dan Indonesia./e

Pewarta: Juraidi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015