Pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro di Kabupaten Tabalong mengikuti pelatihan pembuatan desain dan pengemasan produk yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan.

 Selain pelaku UMKM pelatihan juga diikuti para pengurus dan pengawas koperasi di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

 "Pelatihan ini menggunakan dana non fisik DAK Provinsi Kalimantan Selatan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada Koperasi dan UKM," jelas Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Gustafa Yandi.

 Saat membuka pelatihan Gustafa menyampaikan para pengurus koperasi diberikan wawasan terkait penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Untuk pelatihan desain dan pengemasan produk UMKM sendiri sangat penting guna meningkatkan nilai jual yaitu dengan desain kemasan yang sangat baik dan diterima pasar.

Gustafa berharap pelatihan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya karena disitulah nantinya koperasi bisa menunjukan koperasi bisa berjalan sesuai aturan atau kaidah yang sudah digariskan sehingga menjadi koperasi yang berkualitas, transparan dan akuntibel.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan juga membangun rumah kemasan guna memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan kemasan yang baik dan menarik dengan harga yang kompetitif.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong M Faisal mengingatkan para peserta bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh selama pelatihan dan menerapkannya dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sehari-hari.

Salah satu peserta dari Koperasi Serba Usaha Al Yakin yang mengelola Pusat Oleh-oleh Khas Tabalong Rahmawati menyampaikan rasa terima kasihnya  bisa mengikuti pelatihan yang sangat bermanfaat dalam menunjang tugas dan pekerjaannya sebagai pengurus koperasi.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021