Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  menggelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bumi Makmur guna menguatkan ideologi dan nilai kebangsaan serta mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme, di Gedung Serba Guna Kecamatan Bumi Makmur, Kamis (14/10).

Penyuluhan wawasan kebangsaan tersebut membawakan materi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Materi disampaikan itu oleh Dosen Politeknik Negeri Pelaihari Mariatul Kiftiah dan Kapten Jimmy Arvith Komandan Ramil Kurau 1009/05/TLa.

Kepala Badan Kesbangpol Tanah Laut H Rudi Ismanto mengatakan,  kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda guna menangkal masuknya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

“Harapannya dengan kegiatan seperti ini, anak-anak sekolah sebagai generasi muda bisa mengerti wawasan kebangsaan. Ini juga bentuk upaya mencegah paham-paham radikalisme, terorisme dan juga memberikan pengertian kepada mereka untuk menjauhi narkoba,” kata Rudi Ismanto.

Salah seorang peserta sosialisasi Aulia Rahmah mengaku banyak manfaat dengan adanya kegiatan tersebut.

Siswi SMAN 1 Bumi Makmur berharap,  kegiatan tersebut rutin diagendakan oleh Kesbangpol Tanah Laut.

“Kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat, semoga dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia,” kata Aulia Rahmah.

Sementara, dosen Politeknik Negeri Pelaihari Mariatul Kiftiah salah satu pemateri mengatakan, materi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI menjadi modal pembangunan bangsa yang majemuk dan pluralisme di Kabupaten Tanah Laut. 

Pemahaman yang menyeluruh terhadap materi tersebut, jelas dia, merupakan suatu keharusan dan kebutuhan oleh siswa-siswi dan seluruh pengurus sekolah.

Pada acara itu diberlakukannya disiplin protokol kesehatan yang ketat, penyuluhan dilaksanakan dengan melakukan pengecekan suhu badan, cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanah Laut menggelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bumi Makmur, di Gedung Serba Guna Kecamatan Bumi Makmur, Kamis (14/10).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021