Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Pratama, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda HSS, Sasmi Rifani, di Kandangan, Rabu (13/10), mengucapkan terima kasih kepada Menteri PPPA telah memberikan kategori Pratama untuk HSS.

"Dan semoga tahun depan ada peningkatan untuk kategori ini, juga diharapkan dukungan dari pemerintah serta masyarakat dalam rangka pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," katanya, saat memberikan keterangan, di Media Center, Setda HSS.

Kepala Bappelitbangda HSS, M. Arliyan Syahrial, mengatakan akan menguraikan lebih lanjut dari hasil penghargaan ini terkait dengan implementasi pemberdayaan perempuan.

Dijelaskan dia, sebenarnya sejak dulu di Kabupaten HSS sudah ada pemberdayaan perempuan, terkait dengan bidang pekerjaan seperti yang di UMKM, juga seperti pertanian, pengrajin dan lainnya.

Ke depannya itu nanti akan dimunculkan, sebagai salah satu sub sektor yang sangat menyumbang terhadap perekonomian yang ada di Kabupaten HSS.

"Jadi dengan adanya penghargaan ini, maka nantinya akan dapat mengevaluasi kelemahan yang ada ditempat kita, untuk dilakukan perbaikan agar hal-hal yang lemah tadi tidak terulang lagi pada kesempatan berikutnya," katanya.

Pelaksan Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKBPPPA Hanti Wahyuningsih, mengungkapkan Kabupaten HSS tahun ini pertama kalinya mendapatkan penghargaan APE dengan kategori pratama.

Menurut dia, penghargaan ini menjadi motivasi untuk ke depannya bagaimana akan meningkatkan program kegiatan yang responsif gender, dalam upaya untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di Kabupaten HSS.

Pemberian Penghargaan APE Tahun 2020 ini diikuti secara virtual oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, didampingi Kepala Bappelitbangda dan Plt Kepala Dinas PPKBPPPA HSS.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Kabupaten HSS mendapatkan Penghargaan APE Kategori Pratama tahun 2020, ini merupakan pertama kalinya Kab. HSS mendapatkan penghargaan APE.

Baca juga: Jambore FAD HSS perhatian pemerintah wujudkan anak Indonesia berkualitas

Baca juga: Layanan KB gratis Dinas PPKBPPPA HSS untuk warga Malilingin

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021