Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Panitia acara Sail Tomini di Sulawesi Tenggara dan Festival Boalemo di Gorontalo optimistis persiapan kedua pagelaran tersebut akan rampung seluruhnya tepat pada waktunya.


"Kami yakin seluruh persiapan infrastruktur dan akomodasi kedua acara tersebut akan rampung seratus persen sesuai target," kata Sekretaris Panitia Nasional Sail Tomini dan Festival Boalemo Dedy H. Sutisna saat Rakor kesiapan acara di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa.

Dedy yang juga merupakan Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) menjelaskan saat ini persiapan infrastruktur dan akomodasi untuk acara Sail Tomini dan Festival Boalemo sudah mencapai 77 persen.

"Dengan capaian tersebut, target tanggal 3 September akan rampung pasti bisa tercapai," ujar dia.

Sehingga, lanjut dia, dalam menyambut tamu penting dan para wisatawan yang juga akan memeriahkan acara tersebut, bisa dikatakan daerah telah siap.

"Semua saya nilai sesuai dengan ekspektasi dan tidak akan melenceng dari target. Daerah juga siap menyambut datangnya wisatawan ke dua destinasi wisata tersebut," ujarnya.

Terkait dengan kekhawatiran kurangnya penginapan untuk menampung wisatawan yang diprediksi akan juga turut berdatangan selama acara tersebut berlangsung, pihak panitia mengharapkan wisatawan tidak perlu khawatir karena mereka bisa menggunakan penginapan di tempat lainnya.

"Bisa menginap di hotel yang ada di sekitar lokasi, namun jika penuh, bisa menginap di ibu kota provinsi (Gorontalo dan Palu) lalu meneruskan dengan perjalanan darat yang menghabiskan waktu sekitar dua hingga empat jam jalannya juga bagus," tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun, kedua acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, para Menteri Kabinet Kerja, Diplomat nagera sahabat dan utusan militer laut negara tetangga./e

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015