Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Objek wisata alam Gunung Batu Benawa atau Taman Rekreasi Pagat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan pada hari "H" Idul Fitri 1436 Hijriah, masih belum ramai.


"Seperti biasa pada hari raya fitrah pertama (1 Syawal), objek wisata Batu Benawa ini (delapan kilometer dari Barabai, ibukota Hulu Sungai Tengah/HST), masih kurang ramai, terlebih bertepatan Jumat," ujar Midah, warga setempat, Jumat.

 Tapi, lanjut nenek dua cucu tersebut, kalau hari raya kedua (H+1) biasanya mulai ramai pengunjung objek wisata yang menyimpan legenda "Diang Insun dan Raden Penganten" (mirip dongeng Si Malin Kundang, Sumatera Barat) itu.

Ibu dari tiga anak itu, memperkirakan, sebagaimana lebaran sebelumnya, objek wisata Batu Benawa bakal ramai hingga 21 Juli 2015, karena masih suasana libur Idul Fitri 1436 H dan baru masuk kerja 22 Juli 2015.

Kalau pengalaman lebaran tahun-tahun sebelumnya pada H+1 - H+2 Batu Benawa ramai pengunjung dari berbagai daerah di "Banua Anam" yang meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, HST, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Kabupaten Tabalong.

"Bahkan pengunjung objek wisata yang berada di daerah perbukitan Pegunungan Meratus itu, bukan cuma warga setempat Banua Anam, melainkan pula dari kabupaten/kota lain di Kalsel," ungkapnya.

Pengunjung dari luar daerah HST, itu ada di antara mereka yang bermalam pada objek wisata alam pegunungan tersebut, dengan menggelar tenda atau kemah.

Pasalnya di kawasan objek wisata Batu Benawa itu tidak ada pondokan atau vila untuk mengonap, kecuali di "kota apam" Barabai (165 kilometer utara Banjarmasin), ibukota HST.

Taman rekreasi Pagat itu tak cuma menyugguhkan panorama alam pegunungan, tapi juga sejuk dinginnya air Kali Benawa yang mengalir dari hulu Meratus.

Untuk menuju taman rekreasi Pagat atau objek wisata alam Batu Benawa itu bisa naik sepeda motor dan kendaraan bermotor roda empat.

Selain Batu Benawa tersebut, "Bumi Murakata" HST juga menawarkan objek wisata permandian air panas Timan-Datarlaga, Kecamatan Hantakan (pemekaran Kec Bt Benawa) sekitar enam kilometer lagi ke daerah hulu.

Objek wisata Batu Benawa terkenal sejak tahun 1950-an hampir di seantero Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015