Kolaborasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) Swarangan dan PT Jorong Barutama Grestone (JBG) dalam upaya menanggulangi kekurangan air bersih di Desa Swarangan mendapat apresiasi dari Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan  HM Sukamta. 

“Kejasama antara PT JBG dan Pemdes Swarangan dalam pembangunan sarana dan prasarana sangat baik, terutama  membantu masyarakat kita di Desa Swarangan kekurangan air bersih,"ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta, saat meninjau pembangunan sarana dan prasarana air bersih dengan sistem Charcoal High Carbon (CHC) dalam rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Swarangan,  Kecamatan Jorong, Jum’at (1/10).

Menurut Sukamta, saat ini Pemkab Tanah Laut masih belum bisa menyediakan air bersih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sampai ke Desa Swarangan.

Dalam proses pembangunan sarana dan prasarana air bersih,  Bupati Tanah Laut HM Sukamta menerima langsung secara simbolis bantuan dari PT JBG melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) berupa,  penyediaan kolam penampungan air payau berukuran 20 x 25 meter dengan kedalaman tujuh meter di kawasan Jalan Hangtuah Dusun Katanahan RT 01 RW 01 Desa Swarangan.

Sementara, Kepala Desa Swarangan H Baihaqi menyambut baik dan merasa bersyukur dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana air bersih didesanya.

Dia juga menyampaikan, air bersih yang dialirkan bisa mencakup enam desa dari tiga dusun didesanya.

“Penyaluran air bersih akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), semoga masyarakat bisa menikmati semua,”harap kades.

Sistem CHC, jelas dia,  digunakan dalam upaya menyediakan air bersih dan berfungsi merubah air kotor dan air payau menjadi air layak konsumsi. 
 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021