Sebagai wilayah yang terletak di pesisir pantai, Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan tentu saja memiliki sumber daya alam berupa hasil laut yang melimpah. 

Hal ini lah mendasari dilaksanakannya lomba kudapan berbahan dasar ikan dalam kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Swarangan, Jumat (1/10).

Lomba tersebut merupakan bagian dari program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten  Tanah Laut dalam upaya meningkatkan gizi keluarga melalui menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Laut  Hj Nurul Hikmah Sukamta mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti lomba tersebut. 

Sebanyak 12 peserta dari 12 Rukun Tetangga (RT) di Desa Swarangan, sebut dia, turut memeriahkan lomba tersebut dengan berbagai variasi kudapan diantaranya, bola bola ikan, empek empek udang, bola bola kuah, lemper kerang, otak otak ikan, pentol udang pedas, pentol ikan sultan, tahu krispi isi udang, sempol udang, tahu krispi isi udang, pentol kuah udang dan arem arem isi cumi. 

"Terima kasih atas antusiasme ibu - ibu semua mengukuti lomba ini. Saya berpesan agar lomba ini bukan sekedar ceremony saja tapi bisa diterapkan dalam keseharian untuk menambah gizi keluarga melalui menu yang bervariasi," ucap Hj Nurul.

Dia  juga berpesan,  terkait variasi menu berbahan dasar ikan agar dipahami betul menu kudapan yang disajikan. 

"Bahan dasarnya adalah ikan, jadi harus lebih banyak ikannya baru di variasi dengan bahan lain.  Jangan terbalik, bahan lainnya lebih banyak, justru ikannya cuma sedikit atau sekedar jadi bahan isinya saja," pintanya.

Pada lomba tersebut, keluar sebagai juara dalam lomba kudapan berbahan dasar ikan adalah,  juara I RT 07 dengan kudapan pentol udang pedas, juara II RT 02 dengan kudapan bakso udang pedas manis dan juara III RT 08 dengan kudapan pentol ikan enak. 

Meskipun demikian, seluruh peserta lomba mendapatkan bingkisan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Lsut dan Ketua TP-PKK Kecamatan Jorong.

Hadir dalam lomba tersebut pengurus TP-PKK Kabupaten Tanah Laut dan Ketua TP-PKK Kecamatan Jorong Sari Hijrianti Alfan, Ketua TP-PKK beserta kader PKK Desa Swarangan. 
 
Lomba kudapan berbahan dasar ikan dalam kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Swarangan, Jumat (1/10).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021