Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Arus mudik di pelabuhan penyeberangan Tanjung Serdang, Kabupaten Kotabaru-Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, hingga tiga hari menjelang Lebaran masih normal.


"Hingga saat ini jumlah penumpang dan kendaraan roda dua serta kendaraan roda empat masih normal, tidak ada antrean panjang seperti tahun sebelumnya," kata Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin, Daniel di Batulicin, Selasa.

Dikatakan, untuk melayani arus mudik dan balik Idul Fitri 1436 Hijriah, PT ASDP Batulicin, menyiapkan enam unit kapal fery, dengan melibatkan PT Jembatan Madura dan PT Dharma Lautan Utama, yang mengoperasikan KPF Truno Joyo.

"Namun kapal fery yang dioperasikan masih cukup tiga unit, sementara tiga lainnya berjaga-jaga apabila terjadi antrian penumpang yang cukup panjang."

Menurut dia, membludaknya jumlah penumpang diperkiran H-1 hingga Hari Raya Idul Fitri, maka saat itu enam unit kapal akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan.

Enam unit kapal yang sudah disiapkan ASDP di antaranya, KMP. Gutila, Teluk Candrawasih 1, Mahakam Raya, Srikandi Nusantara, Jembatan Musi 11, dan Truno Joyo.

Sementara ini pihaknya hanya mengoperasikan tiga kapal, dengan perbandingan tiga beroperasi dan tiga kapal stun buy. Apabila jumlah penumpang membludak, maka ASDP akan menerapkan empat banding dua, empat kapal beroprasi dan dua kapal stun buy.

  "Apabila dengan perbandingan empat banding dua masih terjadi penumpukan antrian penumpang maka kami akan mengoperasikan semua kapal yang ada, tetapi sampai saat ini H-3 menjelang lebaran tidak ada kenaikan jumlah penumpang secara signifikan," ujar dia.   

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015