Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Jumlah penumpang kapal penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Serdang, dari Kotabaru ke batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai meningkat.


Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin, Tanah Bumbu, Daniel didampingi Pelaksana Harian Tri Gustanto, Minggu mengatakan, kenaikannya masih bisa ditangani dengan jadwal pelayaran reguler.

"Mulai H-10 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah jumlah penumpang mulai naik tetapi belum signifikan, dan masih bisa terlayani dan tidak mengalami antrian panjang," kata Tri Gustanto, tanpa menyebut jumlah kenaikan dengan rinci.

Untuk mengangkut penumpang dari Tanjung Serdang Kabupaten Kotabaru ke Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu dan sebaliknya, pihaknya menyiapkan enam unit kapal fery yang melibatkan PT Jembatan Madura dan PT Dharma Lautan Utama, yang mengoperasikan KPF Truno Joyo.

"Namun kapal fery yang dioperasikan masih cukup tiga unit, sementara tiga lainnya berjaga-jaga apabila terjadi antrian penumpang yang cukup panjang," paparnya.

Menurut dia, membludaknya jumlah penumpang diperkiran H-1 hingga Hari Raya Idul Fitri, maka saat itu enam unit kapal akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan.

Enam unit kapal yang sudah disiapkan ASDP di antaranya, KMP. Gutila, Teluk Candrawasih 1, Mahakam Raya, Srikandi Nusantara, Jembatan Musi 11, dan Truno Joyo.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015