Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Kalimantan Selatan Asbullah mengungkapkan, partai politik berlambang Ka`bah itu mendukung H Sahbirin Noor sebagai calon gubernur provinsi tersebut berpasangan H Rudy Resnawan.

  "Rencana pendukungan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub dan cawagub) itu sudah kami matangkan dalam rapat pimpinan (Rapim) tadi malam," katanya menjawab Antara Kalsel, di Banjarmasin, Minggu.

  Namun Asbullah yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel tak banyak memberi keterangan, kecuali hanya itu yang dia bisa informasikan berkenaan hasil Rapim yang dihadiri Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPP kabupaten/kota seprovinsi tersebut.

  "Kami berharap pasangan H Sahbirin Noor, seorang pengusaha yang akrab disapa Paman Birin dengan Rudy Resnwan (kini Wagub Kalsel) dapat memenangkan pemilihan kepala daerah atau Pilkada provinsi setempat, yang dijadwalkan Desember 2015," katanya.

  Mengenai target PPP dalam Pilkada pada tujuh kabupaten/kota di provinsi tersebut, dia menerangkan, berdasarkan kekuatan atau peta politik selama ini, untuk sementara calon bupati (cabup) hanya dua, yaitu di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Balangan.

  Namun untuk Kabupaten Banjar masih dalam proses, kecuali Kabupaten Balangan sudah ada kepastian, yaitu Ketua DPRD setempat H Abdul Hadi (PPP) berpasangan dengan H Nasruddin dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga anggota legislatif kabupaten itu.

  Selain itu, di Kota Banjarbaru yang menjadi pusat perkantoran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel tersebut, PPP hanya memasang untuk calon wakil wali kota (cawawali) yaitu Dermawan Jaya Setiawan mendampingi H Nadjmi, mantan Camat Liang Anggang Banjarbaru..

  "Perencanaan dukungan terhadap cabup/cawabup dan cawali/cawawali itu juga sudah kami bicarakan dalam rapim tadi malam, dan semua sepakat untuk memenangkannya pada Pilkada nanti," demikian Asbullah.

  Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pada 2015 dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel ada tujun di antaranya yang juga melaksanakan Pilkada secara bersamaan, yaitu Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

  Kemudian Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

  Khusus Balangan, hasil Pemilu lagislatif tahun 2014, dari 25 keanggotaan DPRD setempat, lima di antaranya kader PPP, sehingga memenuhi syarat untuk mengusung sendiri cabup, yaitu harus mencapai 20 persen dari jumlah kursi di DPRD kabupaten itu.

  Perolehan kursi di DPRD Balangan hasil Pemilu legislatif 2014, yaitu Partai Golkar dan PPP masing-masing lima, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) empat, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tiga kursi.

Selain itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing dua kursi. Selain itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai NasDem dan PAN masing-masing satu kursi.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015