Polresta Banjarmasin memfasilitasi penyaluran bantuan tunai sebesar Rp1.200.000, bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung dalam rangka program Kementerian Keuangan RI di wilayah terdampak penerapan PPKM level IV.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Rikwanto di Banjarmasin, Senin, mengatakan bahwa para penerima bantuan sudah di periksa namanya dan telah layak menerima bantuan tersebut.

"Kami tetap menyalurkan apa yang menjadi haknya. Mudah-mudahan bantuan tunai dari pemerintah ini bermanfaat buat mereka," katanya.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Mapolresta Banjarmasin yang kedua kalinya ini, secara simbolis diserahkan oleh Kapolda Kalimantan Selatan kepada dua orang penerima. 

Jenderal bintang dua itu juga menyampaikan bagi yang belum menerima tapi sudah terdaftar, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa disalurkan.

"Kami berharap ini bisa menghidupkan roda ekonomi mereka dan bisa nyaman untuk memulai lagi kegiatan ekonominya dengan adanya modal walaupun terbatas," ucap Kapolda Kalsel.

Sementara itu Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan menjelaskan sebelumnya pihaknya juga telah menyalurkan bantuan pada hari Sabtu (25/09) kepada 200 orang yang mana dapat tersalurkan sebanyak 132 orang.

"Ada 68 orang yang belum tersalurkan karena ada NIK yang salah sebanyak 38 orang, dan ada juga yang menolak untuk diberikan bantuan sebanyak dua orang, calon tidak ditemukan sebanyak 28 orang, dan tidak datang dua orang," jelasnya.

Kedepan sesuai instruksi Kapolda Kalsel, ujar Kapolresta Banjarmasin itu menyampaikan pihaknya akan tetap mengupayakan kepada mereka yang telah terdata sebelumnya.

"Nanti akan kami telusuri kembali melalui personel Bhabinkamtibmas, agar hak-hak penerima bantuan dapat terpenuhi," tutup Kapolresta Banjarmasin.

Penerima bantuan tunai ini keseluruhan berjumlah 4.413 orang. Kemudian akan dibagikan dalam 22 tahap dan masing-masing pertahapan sebanyak 200 orang.

Seorang penerima yakni Ibu Hadiah warga Teluk Dalam Kota Banjarmasin mengaku kaget saat menerima pemberitahuan oleh personel Bhabinkamtibmas yang katanya akan menerima bantuan.

"Awal saya kaget saat dihubungi oleh pak Bhabinkamtibmas, karena belum pernah menerima bantuan. Alhamdulillah, sudah saya terima uangnya," ucap dia.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah peduli kepada masyarakat kecil seperti kami ini," tutur Hadiah.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021