Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Banjarmasin menyiapkan lima unit bus cadangan angkutan kota dalam provinsi untuk angkutan mudik di Terminal Induk Jalan A Yani KM 6, Banjarmasin.


Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Terminal Induk KM 6 Dishubkominfo Kota Banjarmasin, Muhammad Yusuf, Selasa, mengungkapkan lima buah bus itu disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan penumpang arus mudik di terminal ini, hingga kekurangan angkutan umum.

"Lima bus bantuan dari Kementerian Perhubungan, semuanya masih baru berkapasitas 27 tempat duduk," ujarnya.

Menurut dia, lima bus tersebut nantinya digunakan untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut khususnya penumpang dengan daerah tujuan dalam provinsi. Biasanya, taksi yang melayani antar kota dalam propinsi (AKDP) sudah sepi saat sore hari.

"Bus itulah yang nantinya kita gunakan sebagai cadangan untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut di angkutan biasa," katanya.

Yusuf memastikan seluruh taksi AKDP semua jurusan yang ada di terminal KM 6 layak jalan sehingga untuk pelayanan mudik Lebaran 2015 tidak terjadi kendala.

"Dari 50 taksi yang ada semuanya siap dan layak jalan," tandasnya.

Sementara itu, kata dia, untuk angkutan umum antarkota antarprovinsi (AKAP) Banjarmasin arah daerah Provinsi Kalimantan Timur atau Banjarmasin arah daerah di provinsi Kalimantan Tengah, disiapkan sebanyak 50 buah bus cadangan.

"Kita pastikan trasportasi umum untuk angkutan antar provinsi ini cukup, jadi tidak ada yang perlu dikawatirkan," ujarnya.

  Dia memprediksi, lonjakan mudik di terminal KM 6 akan terjadi pada H-3 nanti, dengan kemungkinan jumlah penumpang yang datang di terminal ini sebanyak 15 ribu.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015