Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mensmbah pembentukan kampung Keluarga Berencana (KB) juga disebutnya Kampung Baiman di lima kelurahan pada tahun 2021 ini.

Kampung KB di Kota Banjarmasin mulai dibentuk di Kota Banjarmasin pada 2017, hingga tahun 2020 sudah terdapat 20 kampung KB di ibu kota provinsi Kalsel yang terdapat 52 kelurahan pada lima kecamatan ini.

Plh Sekdakot Banjarmasin Sugito Said di Banjarmasin, Kamis, mengungkapkan, perencanaan pembentukan kampung KB atau kampung Baiman sebagaimana slogan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin periode 2021--2024 ini, sudah disiapkan pencanangannya.

Menurut dia, pencanangan tambahan lima kampung KB ini di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin.

"Pencanangannya langsung dilakukan pak Wali Kota Banjarmasin nantinya," ujar Sugito Said.

Diungkapkan dia, kampung-kampung yang rencananya dicanangkan itu adalah Kelurahan Kuin Cerucuk di Gang Melati RT 27, Banjarmasin Selatan. Kemudian Kelurahan Kampung Melayu di Gang Gotong Royong RT 02 di Banjarmasin Tengah.

Selanjutnya, kata dia, Kelurahan Kelayan Tengah di Gang Setia Rahman, Banjarmasin Barat. Selanjutnya Kelurahan Pekapuran Raya di Jalan AMD Besar RT 35 di Banjarmasin Timur.

"Yang terakhir di Kelurahan Antasan Kecil Timur di Gang SD RT 05, Banjarmasin Utara," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, terang Sugito Said, pencanangan kampung KB ini sebagai langkah menyukseskan program KB dengan slogan cukup dua anak.

Program tambahan dari pemerintah kota adalah, kata dia, pelayanan pendistribusian akte kelahiran gratis, kartu identitas anak gratis, dan beberapa pelayanan yang memang fungsinya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan mudah.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021