Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan H Abdul Wahid Hk menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka kategori Pejabat Publik dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI atas Dedikasi dan sumbangsih terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi kepada Bupati HSU didamping Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) Kabupaten HSU Hj. Lailatannur Raudah saat kunjungan Bupati HSU ke Gedung Layanan Perpusnas di Jakarta, Kamis (9/9)

Penghargaan tersebut kembali  disampaikan melalui kegiatan Gemilang Perpustakaan Nasional  2021
Bupati HSU H Abdul Wahid HK beserta Bunda Baca Hj Anisah Rasyidah dan jajaran Dispersip HSU mengikuti virtual kegiatan Gemilang Perpustakaan Nasional  2021 di Mess Negara Dipa, Selasa. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)
yang di selenggarakan di Kantor Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat melalui virtual, Selasa (14/09)

"Syukur dan bangga karena dari 416 kabupaten, hanya tiga bupati yang menerima penghargaan yakni Bupati Hulu Sungai Utara, Magetan dan Lampung Barat," ujar Wahid bersama jajaran Dispersip saat mengikuti kegiatan secara virtual di Mess Negara Dipa Amuntai, Selasa (14/9).

Wahid mengatakan, penghargaan tersebut  merupakan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat HSU, karena di tengah pandemi COVID 19 masih mampu meningkatkan kinerja dan meraih prestasi.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK beserta Bunda Baca Hj Anisah Rasyidah memperlihatkan tropi dan sertifikat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka usai mengikuti virtual di Mess Negara Dipa, Selasa. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Wahid lantas mengucapan terima kasih  kepada Perpusnas RI atas bimbingan dan arahan, demikian juga kepada Kepala Dispersip Kabupaten HSU dan jajaran atas kerja keras selama ini.

Tak lupa, Wahid juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada stakeholder serta warga masyarakat yang mendukung kebijakan dan upaya dalam menumbuhkembangan budaya membaca dan literasi.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamaad Syarif Bando mengatakan, Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

Menurutnya, beberapa tahun ini peran pemerintah daerah Gubernur, Bupati dan Walikota sudah semakin berpihak dalam kebijakan pengembangan perpustakaan.



Perpustakaan Nasional mengacu pada visi Presiden 2020-2024 yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama peningkatan literasi yang dirumuskan dalam tiga hal untuk kemajuan suatu negara yaitu visinya maju kedepan, strategi dan eksekusi.

"Tanpa visi, tanpa strategi dan eksekusi maka kita akan terus terbelakang," kata  Syarif Bando.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU Hj Lailatanur Raudah menambahkan
 Perpustakaan Daerah Kabupaten HSU sudah terakreditasi A.

"Begitu pula beberapa perpustakaan sekolah seperti perpustakaan SMK Shalatiyah Bitin terakreditasi A, dimana  perpustakaan HSU penyumbang terbesar Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Kalimantan Selatan," katanya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021