Para pegulat Provinsi Kalimantan Selatan peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 tahun 2016 di Jawa Barat kembali turun ke PON ke-20 tahun 2021 di Provinsi Papua.

"Sekitar 70 persen tim Gulat kita yang pernah meraih medali di PON Jabar kita turunkan ke PON Papua," ujar Pelatih Cabang Olahraga Gulat Kalsel Zulhaidir di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, Kalsel menurunkan sembilan pegulat, dua diantaranya pegulat perempuan, yakni, Roxana dan Siti Raudah.

Roxana kelahiran Rumania yang merupakan pegulat naturalisasi dengan nama mualafnya Rahma Sofia tersebut merupakan peraih medali emas pada PON Jabar 2016 lalu. Sementara itu Siti Raudah merupakan pegulat baru yang masuk PON Papua ini.

"Dua lagi atlet kita yang belum pernah mengikuti PON atau baru hendak di PON Papua ini adalah M Fazrin dan M Seman," ujarnya.

Sementara itu, kata Zulhaidir, selain Roxana, peraih medali di PON Jabar yang kembali diturunkan di PON Papua adalah Fahriansyah, Rendi, Arbainsyah, M Rizka Adam dan Ferdinandus.

"Semua atlet kita berpeluang untuk meraih medali emas, namun jika tidak siap, prestasi bisa melayang," ujarnya.

Dinyatakan Zulhaidir, tim Gulat Kalsel menargetkan dapat meraih minimal dua medali emas pada PON Papua ini.

"Ini target rill kita, sebab dua medali emas ini yang didapatkan pada pra-PON tadi," bebernya.

Dia pun menyampaikan, kondisi di PON Papua dengan di PON Jabar tentunya berbeda, termasuk kelas pertandingan, di mana pada PON Jabar sebanyak 24 kelas pertandingan, sedangkan di PON Papua hanya 18 kelas pertandingan.

"Kalau di PON Jabar lalu kita mengirim 18 atlet dengan raihan sebanyak 16 medali, yakni, empat medali emas, tiga perak dan sembilan perunggu," ujarnya.

Menurut Zulhaidir, anak asuhnya kini terus memusatkan latihan untuk bisa berprestasi lebih baik lagi di PON kali ini.

Meskipun, kata dia, rencananya menjelang PON ini pihaknya ingin memusatkan latihan ke Ciloto Jawa Barat harus diurungkan karena pandemi COVID-19 ini.

"Kami para pelatih tentunya terus berupaya agar anak-anak tidak kendor semangatnya," ujarnya.

Tim Gulat Kalsel masuk diandalkan meraih medali emas pada PON Papua 2021. Tim Gulat Kalsel dijadwalkan berangkat sebelum pembukaan PON, di mana tempat pertandingannya di GOR Futsal Dispora Marauke.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021