Tak pernah terbesit di benak Juriah dan Lire akan menyelesaikan pendidikan tinggi melalui dukungan penuh dari beasiswa Adaro.

 Putri asal Kabupaten Tabalong dan Barito Timur ini berhasil menyelesaikan pendidikan  dengan predikat sangat memuaskan pada Jurusan Perpajakan  di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung  Mangkurat.

Sebelumnya Lire dan Juriah tergabung dalam 236 penerima beasiswa pada program Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) dari Adaro tahap pertama.

Program Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) sendiri merupakan program beasiswa yang diselenggarakan Adaro sejak 2018 guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya kepada putra-putri terbaik dari wilayah operasional perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Selama menjalankan masa studinya, penerima beasiswa IBFL ini memperoleh dukungan penuh dari perusahaan seperti biaya perkuliahan, asuransi kesehatan hingga biaya hidup selama delapan semester dengan total nilai kurang lebih Rp80 juta per orang.

 Juriah salah satu mahasiswi yang menerima beasiswa IBFL mengungkapkan dukungan ini sangat bermanfaat baginya terutama untuk meringankan beban orangtua dalam memenuhi segala keperluan selama menempuh masa studi.

“Saya berterimakasih kepada Adaro dan ULM karena beasiswa ini sangat membantu saya dan keluarga," ungkapnya.

 Hal senada juga diungkapkan Lire, menurutnya Adaro dan ULM tidak hanya memberikan beasiswa namun selalu mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan soft skill lain melalui kegiatan pelatihan, workshop, hingga webinar.

 “Selain dibantu secara materi kami juga diberikan pembekalan dan pembelajaran lain untuk menambah wawasan kami,” tuturnya.

Ia juga berharap program ini terus berlanjut dan teman-teman penerima beasiswa IBFL yang lain bisa segera menyusul wisuda tahun depan.

Dalam sambutannya CSR Division Head PT. Adaro Energy Tbk Okty Damayanti menuturkan sesuai dengan nama program yakni Indonesia Bright Future Leaders diharapkan mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa bisa tumbuh menjadi seorang pemimpin bangsa Indonesia yang cerdas dan memiliki nilai-nilai yang baik.

“Cita-cita Adaro ialah melihat ratusan mahasiswa-mahasiswi dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatra Selatan menjadi pemimpin Indonesia,” ungkapnya
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)

 Lebih lanjut Okty menjelaskan yang membedakan beasiswa Adaro dengan beasiswa lain adalah Adaro tidak hanya memberikan dana ataupun kesempatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi terbaik, tetapi  Adaro ingin membina dan mengasah penerima beasiswa dari sisi kepribadian hingga kepemimpinan agar nantinya bisa menjadi orang yang sukses.

Perwakilan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Lisna Rahmawati mengungkapkan ULM sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Adaro terlebih dengan metode yang berbeda dengan pemberi mahasiswa yang lain.

Ia pun berharap anak-anak yang mendapatkan beasiswa IBFL dapat berprestasi tidak hanya dalam bidang akademik namun juga non-akademik.

“Alhamdulillah ULM selama ini bisa berkerjasama dengan baik bersama Adaro, kita berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut untuk membangun SDM di Banua," tutupnya

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021