Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Kalimantan Selatan, H Sefek Effendie mengatakan bahwa semua target yang dibebankan kepada daerah harus dituntaskan, terutama sawasembada pangan, karena dana sudah dialokasikan untuk mencapaii tujuan itu.


"Dana sudah kita alokasikan, jadi tidak ada alasan lagi swasembada pangan yang ditargetkan tidak tercapai, ini tugas kita bersama, terlebih lagi bagi seluruh pihak yang terkait," kata Bupati H Sefek Effendie saat membuka kegiatan sosialisasi program kegiatan tanaman pangan tingkat kabupaten di Paringin, Rabu.

Dalam kegiatan yang dilaksanan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) setempat, Bupati mengungkapkan bahwa semua target yang dibebankan kepada daerah harus dituntaskan, sedangkan target daerah serta nasional harus tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas PTPHPP Ir Tuhalus mengatakan bahwa sosialisasi ini dalam rangka menyukseskan program pusat dan juga daerah dalam target swasembada pangan.

"Sosialisasi ini sangat penting, selain sebagai laporan hasil dan target yang sudah tercapai, ada pula target-target yang harus kita capai secepatnya," kata Tuhalus.

Hingga saat ini jelas Tuhalus, Kabupaten Balangan baru menggarap lahan sekitar 90 persen dari target yang diberikan pusat, atau 38 ribu hektare dari 40 ribu hektare target lahan yang harus digarap.

Waktu tanam kedua, kata Tuhalus, akan segera dilaksanakan antara akhir Juni dan awal Juli. Namun ada beberapa hal yang pihaknya khawatirkan akan menjadi kendala tanam, yaitu faktor cuaca yang hingga sekarang selalu panas dan jarang sekali turun hujan.

"Meskipun kami belum mencapai target yang ditentukan, namun hingga sekarang setidaknya kami telah menggarap 38 ribu hektare lahan sawah, luasan itu melebihi tahun lalu yang hanya 32 hektare lahan yang digarap," paparnya.

Bukan hanya melebihi tahun 2014 dalam segi luasan lahan, namun juga dari target produksi, yaitu 5,8 ton per hektare.

Sementara itu, Kapten Inf Suroto dari Kodim 1001 Amuntai-Balangan mengatakan, TNI selalu siap dalam mensukseskan swasembada pangan, baik sebagai penyuluh maupun turun langung sebagai petani.

"Kami sudah menandatangani MOU/Nota Kesefahaman antara Pemkab Balangan dengan Kodim 1001 Amuntai-Balangan untuk mensukseskan swasembada pangan daerah maupun Nasional," ujarnya.

Bahkan Kapten Inf Suroto menyampaikan, pihak Komando Rayon Militer (Koramil) Batumandi, sudah melaksanakan panen padi hasil tanam anggota, di lahan seluas satu hektar, dengan menggunakan padi varietas unggul, dimana dalam umur 100 hari sudah bisa dipanen.

Acara dilaksanakan di Aula Mayang Maurai, Komplek Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Rabu (24/6) dihadiri Bupati Balangan H Sefek Effendie, Babinsa Kodim 1001 Amuntai-Balangan, serta para penyuluh se-Kabupaten Balangan. ***4***

(T.KR-HLN/B/F002/F002) 24-06-2015 11:46:02

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015