Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya mencegah munculnya penyakit yang diakibatkan pasca banjir denngan menggelar pengobatan secara masal.

"Biasanya pasca banjir banyak penyakit mulai bermunculan seperti penyakit gatal, diare dan penyakit bawaan lainya," ujar Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setia Budi melalui kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit, Saleh di Batulicin Selasa.

Dia megatakan, sekitar sepuluh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Tanah Bumbu diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara masal kepada masyarakat Kecamatan Kusan Hulu yang sebelumnya terdampak banjir.

Dari hasil pemeriksaan sementara terdapat 46 warga mangalami gatal-gatal dan hiper tensi. Selanjutnya yang bersangkutan dilakukan pengobatan.

"Mereka tidak memerlukan perawatan kusus mengingat penyakit yang dikeluhkan tergolong ringan, namun petugas tetap memberikan pengobatan agar yang bersangkutan cepat puling," katanya.
 
Untuk beberapa hari kedepan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas terdekat akan terus melakukan observasi dibeberapa desa yang terdampak banjir untuk memastikan benar-benar tidak ada masyarakat yang terdampak penyakit pasca banjir.

Selain melakukan pengobatan, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit pasca banjir.

"Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang higienis menjaga kebersihan badan dan lingkingan, mengkonsumsi makanan mengandung vitamin, mengoleskan obat anti nyamuk, memastikan penggunaaan air bersih dan jauhkan diri dari genangan air," puntgkas Saleh.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021