Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata, yakni, Kampung Purun di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Sandiaga Uno mengunjungi kampung yang memiliki kerajinan purun yang tepatnya di kelurahan Palem, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalsel tersebut dalam rangka vaksinasi COVID-19 massal bagi pelaku usaha kreatif.

"Kami apresiasi capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarbaru ini, sebab sudah mencapai 32 persen, padahal secara nasional baru masih 30 persen," ujarnya.

Sandiaga Uno menyatakan, dirinya membayangkan desa-desa wisata dan kampung kreatif seperti ini jadi sentral vaksinasi.

"Bagaimana pun kita harus bisa hidup berdampingan dengan COVID-19, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan ketat, harapan kita pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih dan bangkit hingga lapangan kerja segera tersedia," paparnya.

Selain mengapresiasi pelaksana vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarbaru tersebut, Sandiaga Uno juga mengapresiasi bahkan terkesan kerajinan purun di Kota Banjarbaru sudah ekspor ke luar negeri, yakni, ke Singapura.

Pasalnya, kerajinan purun atau kerajinan anyaman dari tumbuhan jenis ilalang tersebut dikembangkan hingga bisa sangat maju ditangan seorang disainer terkenal Indonesia, Vivi Zubedi yang merupakan istri Wali Kota Banjarbaru H Aditya Mufti Arifin.

Vivi Zubedi yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru menyampaikan kepada Sandiaga Uno saat berkunjung ke kampung Purun tersebut, karajinan purun Kota Banjarbaru mengikuti Santek Halal Festival di Singapura.

Menurut Founder & Head Director Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia ini, karajinan purun dari Kota Banjarbaru masuk produk terbaik yang dapat penghargaan dari festival itu.

"Kami harap Menperekraf memberi perhatian bagi eksistensi kerajinan kreatif daerah kami, baik segi pemasaran dan promosinya," ucap Vivi Zubedi.

Pada kegiatan tersebut hadir Wali Kota Banjarbaru H Aditya Mufti Arifin, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono dan unsur pimpinan daerah tersebut.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021