Sebanyak lima orang kepala desa berikut masing-masing ketua TP PKK desa di Kecamatan Simpur purna bakti, pelepasan dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Simpur.

Camat Simpur M Taufiqurrahman, Kamis (2/9), mengatakan tahun 2021 ini lima Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa yang purna baikti yakni Desa Tabing Tinggi, Garunggang, Pajampang Bahagia, Wasah Hulu dan Wasah Hilir.

“Dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, pada awal Agustus 2021 yang lalu, dilakukan musyawarah desa di masing masing desa untuk menunjuk Penjabat(Pj) Kepala Desa dari kalangan PNS atau ASN lingkup Pemkab HSS," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, tugas pokok pj kepala desa adalah selain menjalankan roda pemerintahan di desa, juga untuk mempersiapkan pemilihan kepala desa pada waktu yang akan ditetapkan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pengabdian mereka selama enam tahun, tentu keberhasilan desa sangat berpengaruh dengan keberhasilan kabupaten.

Menurut dia, mereka punya andil dalam keberhasilan program pembangunan di Kabupaten HSS, inilah alasan kenapa sangat mengagendakan pelepasan ini, sebagai bentuk penghargaan terakhir kepada mereka.

Dan kepada Penjabat Kepala Desa yang berasal dari ASN lingkup Pemkab HSS, di mana selain masih harus bekerja diinstansi dan bekerja sebagai pj, maka tugas tidak hanya di kantor, melainkan 24 jam.

"Bahkan masyarakat membutuhkan malam, ya silahkan dan ini yang perlu disiapkan para penjabat ini," katanya.

Diharapkan dia, roda pemerintahan desa selama setahun ke depan ini dibawah kepemimpinan pj dapat berjalan dengan baik, hingga mengawal proses pemilihan kepada desa yang definitif pada tahun 2022 mendatang.

Dalam kesempatan ini, selain melakukan pelepasan kepala desa dan ketua TP PKK desa, Bupati HSS juga meresmikan Loket Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Kecamatan Simpur.

Berhadir, Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, Sekda HSS, H Muhammad Noor, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah A Fikry, Ketua GOW Kab HSS Srie Astuti,  Ketua TP PKK Kecamatan, Yumi Ulfa Susanti.

Pelepasan ini turut dihadiri kepala desa aktif se Kecamatan Simpur serta Pj kepala desa yang sementara akan bertugas mengganti dan mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Baca juga: Bupati HSS ucapkan terima kasih untuk kepala desa purna bakti

Baca juga: Pelepasan lima kepala desa di Kecamatan Sungai Raya sederhana dan terbatas

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021