Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membuka pendaftaran pelatihan kerja berbasis kompetensi tanpa dipungut biaya atau gratis.

Plt Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu, Syaikul Ansari di Batulicin Kamis mengatakan, program pelatihan yang akan digelar yaitu pelatihan plate welder pengelasan swaw 3G-OP PF.

"Persyaratan pendaftaran yaitu laki-laki atau perempuan minimla memiliki usia 17 tahun dan tercatat sebagai penduduk Kabupaten Tanah Bumbu," katanya.

Memiliki e-KTP sementara yang dikeluarkan Disdukcapil dan data sesuai dengan yang tertera pada ijazah, memperlihatkan asli e-KTP sementara dan menyerahkan fotocopy e-KTP sementara sebanyak dua rangkap.

Fotocopy ijazah yang disahkan/dilegalisir sebanyak dua rangkap. Menyerahkan pas fhoto warna berlatar belakang merah dengan pakaian bebas dan sopan dengan ketentuan ukuran 3x4 sebanyak empat lembar, ukuran 4x6 sebanyak empat lembar. Semua fhoto ditempelkan pada satu lembar HVS yang telah diberi nama.

Lamaran dimasukan dalam satu MAP dengan ketentuan pelamar perempuan warna hijau, pelamar laki-laki warna merah.

Menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pelatihan yang dilamar, dan nomor HP dan alamat sesuai domisili pada bagian depan map.

Persyaratan lainya, sambung Syaikul, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.

Bersedia mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu. Penerimaan lamaran disesuaikan jadwal yang ditentukan dalam pengumuman.

"Bagi penyandang disabilitas diberi kesempatan mengikuti seleksi atau peserta pelatihan dengan ketentuan setiap jurusan atau program dialokasikan dua persen bagi penyandang disabilitas dari jumlah peserta. Surat keterangan disabilitas dari desa atau kelurahan, kecamatan atau Puskesmas.

Tempat pendaftaran di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM) Tanah Bumbu di Gunungtinggi, Batulicin. Kantor BLK Tanah Bumbu di Jalan KH Hasan Basri Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir.

"Waktu pendaftaran dilaksanakan dari tanggal 19 Agustus-10 September 2021 pada waktu jam kerja," sebut Syaikul.

Tempat seleksi latihan di Kantor BLK Tanah Bumbu pada tanggal 13-15 September 2021 pukul 09.00-selesai.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021