Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memantau ketersediaan bahan pangan berupa kebutuhan sembilan bahan pokok menjelang hari besar keagamaan.

Kepala BKP M Ikhsan di Banjarbaru, Jumat mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan mengundang dinas dan instansi terkait guna memantau ketersediaan pangan.

"Informasi yang kami terima dari dinas dan instansi terkait, persediaan pangan di Banjarbaru menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) mencukupi," ujarnya usai rakor.

Ia mengatakan, menjelang HBKN, seluruh masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan pokok seperti biasa karena pada periode itu permintaan bahan pokok meningkat.

Dijelaskan, selain permintaan yang meningkat, proses distribusi pangan juga sering terganggu karena adanya hambatan arus transportasi yang tinggi selama hari besar tersebut.

"Hambatan arus transportasi itu mengakibatkan ketersediaan maupun harga pangan cenderung mengalami kenaikan bahkan menyebabkan harga berfluktuasi," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengambil langkah antisipasi secara dini berkoordinasi dan siap mengambil kebijakan yang tepat guna mencegah tindakan spekulatif terhadap pangan.

"Kami akan melibatkan dinas dan instansi terkait termasuk masyarakat sehingga bisa mengawasi ketersediaan dan distribusi pangan sehingga tidak kesulitan mendapatkannya," ucap dia.

Dikatakan, laporan yang diterima dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (Distankanhut) Banjarbaru, persediaan bahan pangan menjelang HBKN mencukupi.

Disebutkan, persediaan pangan yang mencukupi seperti telur ayam, daging sapi, daging ayam, beras dan komoditas lain mencukupi menjelang peringatan hari besar.

"Harapan kami, ketersediaan bahan pangan mencukupi dan distribusinya lancar sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan kebutuhan sehari-hari," katanya.

Rakor yang dilaksanakan di Aula Idaman Pemkot Banjarbaru diikuti Disperindag, BPS, Bagian Ekonomi, Distankanhut, asosiasi pedagang telur, beras, serta Bulog.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015