Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mewaspadai isu perdagangan orang atau 'human trafficking' yang sempat merebak belakangan ini. 

Kepala DPPPA Hj Gusti Iskandariah di Amuntai,  Rabu mengatakan, kasus 'human trafficking' di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sempat merebak lagi ketika seorang ibu muda nekad meninggalkan keluarga tergiur ajakan seseorang untuk bekerja di daerah lain. 

"Seorang Ibu muda karena faktor ekonomi, permasalahan keluarga di masa pandemi seperti sekarang ini tergiur ajakan seseorang sehingga sempat meninggalkan keluarganya," ujar Gusti di Amuntai belum lama ini. 

Gusti mengatakan, dibantu pihak kepolisian akhirnya DPPPA dapat memulangkan ibu muda tersebut kembali ke keluarganya.

Berlatarbelakang kasus tersebut,  DPPPA melaksanakan kegiatan sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan mengundang aparat desa, kelurahan, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan dinas instansi terkait guna mengantisipasi dan penanganan di wilayahnya masing-masing. 
Kepala DPPPA Kabupaten HSU Hj Gusti Iskandariah pada Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Aula Kantor DPPPA HSU, belum lama ini. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)


Ia mengharapkan  melalui kegiatan ini dapat memperkuat peranan orang tua, tokoh masyarakat, aparat disekitar lingkungan masyarakat untuk dapat mengantisipasi jika sampai terjadi tindak pidana perdagangan orang.

"Melalui kegiatan ini, Kita mencoba menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dilingkungan kita masing-masing, " tegas Gusti lagi. 

Ia menilai perlunya percepatan penanganan dan antisipasi pencegahan TPPO bagi seluruh pihak terutama bagi orang tua, keluarga, hingga parat desa serempat. 

Ia juga mengharapkan adanya forum dialog terkait inovasi upaya pencegahan Human Trafficking ini. 

"Informasi apa yang perlu kita dapatkan, sebagai bahan untuk melindungi perempuan, untuk melindungi keluarga kita terkait pencegahan TPPO," Imbuhnya. 

Disamping membentuk anggota gugus tugas pencegahan TPPO, digelarnya Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan tindakan preventif, prosedur serta penanganan dalam kasus tindakan pidana perdagangan orang.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021